Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Jepang dan Ancaman Tragedi Gagal ke Piala Dunia 2022

8 Oktober 2021   14:58 Diperbarui: 8 Oktober 2021   15:03 534 9 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Para pemain Timnas Jepang saat Piala Asia 2019. Foto: the-afc.com dipublikasikan kompas.com

Jepang adalah salah satu raksasa sepak bola Asia. Namun, dalam tiga laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Jepang mengecewakan. Mereka bisa saja gagal ke Piala Dunia 2022 seperti cerita perih mereka di tahun 1993.

Dahulu kala di tahun 1992, untuk kali pertama Jepang juara Piala Asia. Itulah tonggak awal melesatnya Timnas  Jepang. Maka tak heran pada 1993, harapan publik Jepang sangat tinggi agar Jepang bisa lolos ke Piala Dunia 1994.

Cita-cita lolos ke Piala Dunia 1994 tinggal sejengkal. Kala itu di laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 1994 yang dihelat akhir tahun 1993, Jepang sudah menang 2-1 atas Irak sampai menit 89. Kemenangan akan membuat Jepang lolos ke Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat.

Namun petaka terjadi pada menit 90. Irak malah menjebol gawang Jepang. Sehingga kedudukan 2-2 dan bertahan sampai laga berakhir. Dengan itu, Jepang gagal ke Piala Dunia 1994. Yang berhak lolos ke Piala Dunia 1994 dari Asia adalah Arab Saudi dan Korea Selatan.

Kisah pilu Jepang itu menjadi yang terakhir. Setidaknya sampai Piala Dunia 2018. Sebab, sejak Piala Dunia 1998 sampai 2018, Jepang selalu lolos dan menjadi partisipan.

Kini, cerita buruk bisa saja terjadi. Bisa saja Jepang gagal lolos ke Piala Dunia 2022. Alasannya? Di tiga laga awal grup B, Jepang sudah kalah dua kali dan menang sekali.

Terbaru Jepang kalah 0-1 dari Arab Saudi. Total, Jepang hanya membuat satu gol dan kebobolan dua gol dalam tiga pertandingan.

Berbanding terbalik dengan Australia dan Arab Saudi yang menyapu tiga laga dengan kemenangan. Maka Australia dan Arab Saudi ada di posisi pertama dan kedua klasemen sementara grup B.

Memang masih ada tujuh laga yang akan dilakoni. Segala kemungkinan masih bisa terjadi, termasuk pada Jepang.

Namun jika tak waspada, Jepang bisa terlempar dari dua besar klasemen akhir grup B. Jika Jepang ada di posisi tiga klasemen akhir, mereka akan menjalani laga playoff yang tentu tidak mudah. Jepang harus berbenah!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan