Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Suwito Lagola, Eks Juara Dunia Tinju asal Indonesia yang "Menghilang"

1 Oktober 2021   07:01 Diperbarui: 1 Oktober 2021   07:10 348 18 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ilustrasi. Foto: kokeshi76 dari pixabay.

Suwito Lagola adalah mantan juara tinju dunia asal Indonesia. Sayang, jejaknya di dunia maya sangat sedikit. Padahal dia juara dunia tinju di tahun 90-an, tahun yang sudah modern.

Diketahui, Suwito adalah juara dunia tinju asal Sumatera Utara, Indonesia di kelas menengah kalau tidak salah. Dia juara dunia untuk badan tinju dunia WBF. Memang badan tinju dunia WBF tak seterkenal WBC, WBA, IBF. Kalau Chris John itu juara dunia badan tinju dunia WBA.

Saat itu di tahun 90-an pertengahan, saya masih ingat komentar Suwito sebelum bertanding. Dia bilang bahwa dia tak takut dengan lawannya. "Kalau takut ya jadi penyanyi saja," ujar Suwito kala itu.

Suwito entah bagaimana ceritanya, menghilang. Dia pensiun dari dunia tinju pada tahun 2000. Di liputan6.com, pada 2004, Suwito mengaku kecewa jadi sapi perahan. Tapi Suwito enggan cerita lebih dalam.

Nah, sepak terjang Suwito tak terekam bagus di dunia maya saat ini. Saya memburu di google, hanya ada satu foto Suwito yang sudah gondrong dan pensiun jadi petinju. Foto itu diambil tahun 2004 oleh Liputan6.com.

Hanya ada satu video youtube tentang wawancara dengan Suwito pada tahun ini. Channel Youtubenya adalah Langkah Sahabat dimas. Karena itu saya kesulitan mendapatkan gambar Suwito saat masih bertanding. Mau ambil foto dari potongan Youtube, ngga enak.

Di dunia maya, sejauh yang saya cari, tak ada detail tentang Suwito. Biasanya tokoh terkemuka ada di wikipedia. Tapi, Suwito tak ada di wikipedia.

Bahkan saya yang lupa nama lawan Suwito saat jadi juara dunia, juga tak terbantu oleh dunia maya. Intinya sangat minim informasi tentang Suwito di dunia maya.

Sedih sebenarnya melihat fenomena ini. Seorang mantan juara dunia tak terdokumentasi dengan baik di dunia maya. Kadang berharap, mereka yang punya video pertandingan Suwito mengunggah di Youtube.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan