Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Spanyol Tak Oke, Kualat ke Robert Moreno?

20 Juni 2021   19:19 Diperbarui: 20 Juni 2021   19:28 121 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Spanyol Tak Oke, Kualat ke Robert Moreno?
Pemain timnas Spanyol Rodri dan Ferran Torres berjalan keluar lapangan pada akhir laga Grup E EURO 2020 antara Spanyol dan Polandia di Stadion La Cartuja, Sevilla, pada Minggu (20/6/2021) dini hari WIB.(AFP/LLUIS GENE dipublikasikan kompas.com

Ini bukan tulisan logis. Bukan. Ini hanya tulisan soal memperlakukan seorang pelatih dengan wajar. Mungkin Spanyol kualat pada pelatihnya terdahulu Robert Moreno. Imbasnya Spanyol tak meyakinkan di Euro kali ini. Mungkin saja? Ya kemungkinan yang tak akan pernah terkonfirmasi karena ini bukan soal logis.

Mundur teratur pada tahun tahun menghilangnya Luis Enrique dari tugasnya sebagai pelatih Spanyol. Saat itu tak ada yang tahu mengapa Enrique menghilang dengan alasan pribadi.

Setelah beberapa waktu Enrique memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Spanyol. Robert Moreno yang mulanya sebagai asisten, akhirnya diangkat sebagai pelatih.

Belakangan diketahui mengapa Enrique menghilang. Ternyata dia memilih bersama sang anak yang sakit kanker tulang. Sang anak pun meninggal dunia pada Agustus 2019.

Di masa itu, Moreno sudah menjadi pelatih Timnas Spanyol. Bahkan, Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol Luis Rubiales mengungkapkan jika Moreno bisa menjadi pelatih Spanyol di Euro jika mampu meloloskan Spanyol.

Di tangan Moreno, Spanyol main 9 kali dengan perincian 7 kali menang dan dua kali seri. Spanyol pun lolos ke Euro 2020. Tapi tiba-tiba kabar terjadi pada November 2019.

Tanpa penjelasan rinci dan terkesan didiamkan Federasi, Moreno pun didepak dari kursi kepelatihan. Enrique kembali memegang kendali.

Moreno tidak turun posisi ke asisten, dia tak jadi asisten. Sebab, Enrique memilih Unzue sebagai asisten. Unzue adalah sosok yang membantu Enrique semasa di Barcelona.

Yang membuat Moreno makin tak nyaman adalah bahwa federasi tak memberi tahunya soal posisi asisten. Moreno tahu bahwa dia juga tak akan jadi asisten dari seorang jurnalis.

Lengkap sudah kekecewaan Moreno. Sempat diberi harapan melatih Spanyol di Euro 2020 karena membawa Spanyol lolos ke Euro. Tapi akhirnya Moreno didepak. Sesuatu yang tak mengenakkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN