Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Freelancer - Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Setelah Melakukan Penerawangan, Saya Jagokan Italia Saja

7 Juni 2021   10:06 Diperbarui: 7 Juni 2021   10:25 153
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Italia. foto: twitter/@azzurri dipublikasikan kompas.com

Dahulu ketika ada gelaran Euro, jagoan saya adalah Belanda. Itu terjadi sampai tahun 2008. Namun, setelahnya saya tak terlalu punya hasrat menjagokan Belanda. Mungkin karena saya sudah tak terlalu familiar dengan para pemain Belanda.

Belakangan, sejak 2012, saya tak memiliki tim yang saya jagokan secara serius di Euro. Pada 2012, sebenarnya saya berharap Inggris yang berjaya. Tapi, akhirnya keok di tangan Italia melalui adu penalti.

Di Euro 2016, saya jelas menjagokan Prancis yang menjadi juara. Sayangnya, di final malah kalah dari tim kejutan Portugal. Padahal, menurut saya, Prancis cukup bagus kala itu. Buktinya mereka bisa mengalahkan Islandia yang mengejutkan dan membekuk Jerman yang hebat. Saat Euro 2016, pemain yang cukup saya sukai adalah Dimitri Payet.  

Lalu, kini tim mana yang akan saya jagokan? Setelah melakukan penerawangan, saya menjagokan Italia saja. Bagi saya, Italia bisa mengejutkan. Lihat saja performa Italia belakangan ini. Bisa membuat ngga kuku.

Di kualifikasi Euro 2020, Italia selalu menang. Mereka menyapu 10 laga dengan kemenangan. Secara statistik, Italia hanya kalah dari Belgia. Di UEFA Nations League 2020-2021, Italia juga meyakinkan. Dalam enam laga, Italia mampu menang tiga kali dan seri tiga kali. Italia mampu lolos ke final yang akan dilaksanakan pada Oktober nanti.

Di kualifikasi Piala Dunia 2022 yang sudah berjalan, Italia mampu menang tiga kali. Bukan hanya menang, Italia juga tidak kebobolan. Performa Italia itu sudah memberikan gambaran bagaimana anak asuh Roberto Mancini berlaga. Mereka bisa menjadi kekuatan yang menyulitkan di Euro kali ini.

Para pemain Italia yang mayoritas dari Liga Italia Serie A, tentu sudah paham masing-masing karakter. Hal itu akan makin memudahkan mereka bersatu. Jadi, saya pikir Italia memang bakal kuat.

Di babak grup A, Italia akan bersama Turki, Wales, dan Swiss. Yang menguntungkan, Italia menjadi tuan rumah. Tentu saja, situasi itu akan membuat Italia diuntungkan. Melumat tiga tim di kandang sendiri sepertinya bisa dilakukan Italia.

Jika mulus di grup A, Italia akan bertemu dengan runner up grup C. Grup C terdiri atas Belanda, Ukraina, Austria, dan Masedonia Utara. Saya pikir, Italia akan mulus ke perempatfinal jika lawannya juga Belanda. Jike ke perempatfinal, Italia kemungkinan akan bertemu dengan juara grup B. Siapa juara grup B? Kemungkinan Belgia. Nah di sinilah Italia bisa mengalami kesulitan.

Tapi saya pikir pemain Belgia sudah mulai berumur. Italia bisa mengalahkannya. Sampai semifinal saja ya. Semoga saja Italia juara.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun