Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

2 Pahlawan Chelsea di Final Piala FA 1997 adalah Otak di Final Liga Champions 2012

15 Mei 2021   07:14 Diperbarui: 15 Mei 2021   07:18 222 10 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
2 Pahlawan Chelsea di Final Piala FA 1997 adalah Otak di Final Liga Champions 2012
Roberto di Matteo. Foto: AFP PHOTO/ DANI POZO dipublikasikan Kompas.com

Chelsea akan memainkan final Piala FA pada Sabtu (15/5/2021) mulai pukul 23.15 WIB. Chelsea akan melawan Leicester City. Selain final Piala FA, Chelsea juga akan bertarung di final Liga Champions pada akhir bulan ini melawan Manchester City.

Tulisan ini hanya ingin mengenang kejayaan Chelsea di Piala FA dan Liga Champions. Piala FA yang dipilih adalah di musim 1996-1997. Musim itu adalah musim perubahan Chelsea.

Ada beberapa pemain baru yang mengubah permainan Chelsea sehingga berasa Italia di musim 1996-1997. Mereka adalah Roberto Di Matteo, Gianfranco Zola, dan Gianluca Vialli. Permainan Chelsea tak lagi kick and rush gaya Inggris lama.

Aksi individu, terutama dari Zola, adalah penghias permainan Chelsea kala itu. Adapun pelatih Chelsea saat itu adalah Ruud Gullit. Nah, Chelsea mampu lolos ke final Piala FA pada 1997. Lawannya adalah Middlesbrough.

Di final, Chelsea mampu mengalahkan Middlesbrough yang kala itu diperkuat Juninho Paulista dan Fabrizio Ravanelli. Pahlawan kemenangan Chelsea adalah Roberto Di Matteo yang membuat gol di menit 1 dan Eddie Newton yang membuat gol di menit 83.

Keberhasilan Chelsea juara Piala FA 1997 jadi tonggak kehebatan Chelsea di musim-musim selanjutnya. Chelsea bahkan tak hanya jadi penghias Liga Inggris. Setelah dibeli Roman Abramovich, Chelsea makin menjelma jadi kekuatan hebat.

Puncak kehebatan Chelsea terjadi di 2012. Saat itu mereka mampu jadi juara Liga Champions. Di final Chelsea mengalahkan Bayern Munchen melalui adu penalti.

Tak dapat dipungkiri, keberhasilan Chelsea bukan muncul dari permainan menyerang yang indah. Chelsea berhasil dengan sepak bola bertahan dan serangan balik. Lalu siapa otak dari keberhasilan Chelsea di 2012?

Ya dia adalah Roberto Di Matteo, salah satu pahlawan Chelsea di final Piala FA 1997. Matteo mengubah Chelsea menjadi tim defensif yang membahayakan melalui serangan balik.

Selain Matteo siapa lagi? Ya tentu saja salah satunya adalah Eddie Newton yang bertindak sebagai asisten pelatih Chelsea. Dia juga tentu jadi salah satu sosok yang berada di balik layar Chelsea ketika juara Liga Champions 2012.

Jadi Matteo dan Newton adalah duo yang berperan di dua cerita penting. Keduanya adalah pahlawan ketika Chelsea mulai membangun reputasi yakni juara Piala FA 1997. Keduanya juga otak saat Chelsea meraih prestasi tertinggi, setidaknya sampai saat ini, yakni juara Liga Champions 2012.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN