Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Liverpool Berpeluang ke 4 Besar karena Leicester dan Chelsea Akan Saling Bunuh

14 Mei 2021   10:15 Diperbarui: 14 Mei 2021   10:19 958 11 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Liverpool Berpeluang ke 4 Besar karena Leicester dan Chelsea Akan Saling Bunuh
Ilustrasi. SHUTTERSTOCK/BEST IMAGE 888 dipublikasikan kompas.com

Kekalahan Chelsea atas Arsenal membuat kemenangan Liverpool atas Manchester United sangat berharga. Kini, Liverpool berpeluang besar masuk empat besar klasemen akhir Liga Inggris. Sehingga mereka bisa main di Liga Champions musim depan. Lalu bagaimana hitung-hitungannya?

Diketahui, dari slot empat besar Liga Inggris, dua slot sudah pasti milik Manchester City dan Manchester United. Dua slot lagi diperebutkan tujuh tim. Tapi saya mencoba mengerucutkan pada peluang Liverpool untuk masuk empat besar klasemen akhir Liga Inggris.

Kenapa sih hanya membahas Liverpool? Ya karena mereka adalah juara bertahan yang nasib di musim ini morat-marit.

Kini, Liverpool ada di posisi lima klasemen sementara Liga Inggris dengan 60 poin dari 35 laga. Artinya, Liverpool masih menyisakan tiga laga. Nilai maksimal yang bisa didapatkan Liverpool adalah 69.

Pertanyaannya, bagaimana potensi nilai maksimal itu? Saya melihatnya besar sekali peluang itu. Sebab, tiga laga terakhir Liverpool melawan WBA, Burnley, dan Crystal Palace. Tiga lawan itu jelas di bawah Liverpool. Asal tidak jumawa, Liverpool bisa menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

Lalu siapa pesaing terberat Liverpool untuk masuk empat besar? Dua pesaing terberat itu adalah Leicester City dan Chelsea. Leicester kini memiliki 66 poin dari 36 laga dan berada di posisi tiga klasemen sementara Liga Inggris. Chelsea memiliki 64 poin dari 36 laga dan ada di posisi empat klasemen sementara Liga Inggris.

Artinya, Leicester dan Chelsea hanya menyisakan dua laga. Yang menguntungkan bagi Liverpool, Leicester dan Chelsea akan bertarung pada pekan 37. Selain bertarung di final Piala FA, Leicester dan Chelsea akan bertarung di Liga Inggris.

Sekarang misalnya Leicester mengalahkan Chelsea di Liga Inggris, maka nilai maksimal yang bisa didapatkan Leicester adalah 66+6=72. Nilai itu jelas lebih besar dari potensi nilai akhir Liverpool yakni 69.

Tapi di sisi lain, ketika Chelsea kalah dari Leicester, maka nilai akhir yang bisa didapatkan Chelsea adalah 64+3=67. Nilai itu lebih kecil dari potensi maksimal yang bisa didapatkan Liverpool yakni 69.

Jika laga Leicester vs Chelsea berakhir seri, maka potensi nilai maksimal Leicester adalah 70 dan potensi maksimal nilai Chelsea adalah 68. Nilai Chelsea masih kalah dari potensi nilai maksimal Liverpool yakni 69.

Yang agak seru jika Chelsea mampu mengalahkan Leicester. Potensi nilai maksimal Chelsea adalah 70 dan Leicester 69. Jika potensi nilai maksimal Leicester adalah 69, maka sama dengan Liverpool. Kalau begitu penentuannya adal produktivitas gol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN