Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketika Pemudik "Melawan" dan Ancaman Cerita India Datang ke Kita

11 Mei 2021   10:52 Diperbarui: 11 Mei 2021   10:55 156 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Pemudik "Melawan" dan Ancaman Cerita India Datang ke Kita
Foto banyaknya pemudik peseped motor. Foto: ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH dipublikasikan kompas.com

Dari yang saya tahu, sudah lebih dari cukup pemerintah mengimbau agar orang-orang tidak mudik saat Lebaran ini. Pemerintah pusat sampai daerah sudah gembar-gembor agar tidak ada pemudik di Lebaran ini.

Alasan pemerintah sangat rasional. Covid-19 belum reda, potensi gelombang Covid-19 sangat mungkin terjadi. Fenomena India juga  jadi salah satu penguat alasan. Artinya jika kerumunan tak terkendali, gelombang Covid-19 seperti di India bisa terjadi.

Tapi, imbauan, seruan, dan semacamnya itu tak bergigi. Setidaknya jika melihat bagaimana ribuan pemudik pakai motor memblokade jalan. Saya baca pun, aparat membuka jalan, dan coba menyekat di penyekatan selanjutnya. Tapi serbuan pemudik itu tak bisa dibendung.

Saya pikir imbauan pemerintah telah diabaikan oleh para pemudik. Di sisi lain, saya tidak mendengar para oposan pemerintah untuk menyerukan tak mudik. Setidaknya para tokoh vokal yang kritis pada pemerintah hendaknya menyerukan juga imbauan tak mudik.

Atau mungkin melawan hasrat pemudik yang membuncah adalah kerugian secara politik? Mungkin seperti itu.

Saat ramai pemudik melawan, saya juga tidak dengar para politisi memberi seruan. Mungkin juga ini tak menguntungkan secara politik. Tak menguntungkan secara politik jika melawan para pemudik yang melawan itu.

Mengetahui bahwa banyak pemudik yang positif juga mengerikan. Saya baca di detik.com, 60 persen pemudik positif. Kau bayangkan saja, mereka yang positif pulang kampung. Mereka mentransfer Covid-19 ke kampung.

Kalau pemudik makin banyak, wah saya jadi khawatir apa yang terjadi di India, akan dialami Indonesia. Apalagi ketika pemudik itu banyak yang positif Covid-19.

Orang-orang di kampung yang tak tahu apa-apa, bisa bisa positif juga. Bayangkan bagaimana nyeseknya jika di kampung yang damai, yang menjaga jarak, yang berusaha sehat, jadi berantakan karena ada pemudik yang positif.

Susah memang...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x