Mohon tunggu...
rokhman
rokhman Mohon Tunggu... Kulo Nderek Mawon, Gusti

Melupakan akun lama yang bermasalah

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Yenny Wahid Mulai Bersuara, Sudutkan Muhaimin

15 April 2021   08:17 Diperbarui: 15 April 2021   11:41 881 18 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yenny Wahid Mulai Bersuara, Sudutkan Muhaimin
Yenny Wahid. Foto kompas/alif ichwan dipublikasikan kompas.com

Dinamika politik di PKB makin menghangat. Desakan munculnya kongres luar biasa (KLB) dimungkinkan membesar. Apalagi, Yenny Wahid sudah mulai bersuara menyudutkan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar

Yenny seperti diketahui adalah putri Gus Dur. Gus Dur sendiri adalah tokoh sentral di awal didirikannya PKB. Kemudian PKB pecah yakni kubu Muhaimin dan Gus Dur. Seperti diketahui, pada akhirnya Muhaiminlah yang diakui dan bisa ikut pemilu. Sementara, saat perpecahan itu terjadi, Yenny ada di kubu Gus Dur.

Yenny yang sudah lama menepi dari PKB, kini mulai bersuara menyudutkan Muhaimin. Yenny mempersoalkan kepemimpinan Muhaimin yang tidak aspiratif. Pernyataan Yenny muncul di tengah desakan internal PKB untuk melakukan KLB.

Menarik dinamika ini karena ada kecenderungan dua kubu yang mulai bertarung. Kubu Muhaimin sepertinya akan menyolidkan internal agar KLB tak muncul. Tak menutup kemungkinan, siapapun yang terindikasi melawan Muhaimin, akan dipecat.

Kubu Muhaimin tak akan main-main untuk mempertahankan posisinya. Apalagi, jika Muhaimin memang ngebet untuk maju di Pilpres 2024. Jika PKB lepas dari genggaman, ya sulit ruang bagi Muhaimin untuk meramaikan kontestasi 2024.

Di sisi lain, kubu kontra Muhaimin akan mendorong KLB terjadi. Kubu kontra ini sepertinya akan terus menyuarakan KLB. Selain itu, mendekat pada basis-basis PKB.

Basis-basis PKB di daerah akan terus didekati. Tak menutup kemungkinan, para sesepuh di PKB juga akan terus ditempel agar mendukung upaya KLB.

Di sini ketika ada dua kubu, selalu ada yang menarik. Apa yang menarik? Mereka adalah kelompok ISIS alias ikut sana dan ikut sini. Dinamika kelompok ISIS di dunia politik adalah wajar adanya.

Kelompok ISIS ini tentu akan cari aman. Artinya, ketika main di dua kaki, mereka bisa menempel siapapun kelompok yang akhirnya akan memegang kendali di PKB.

Kalau ada kelompok yang cari aman di partai politik, tentu wajar saja. Sebab, politik adalah soal kekuasaan. Di mana-mana kalau soal politik kekuasaan, pasti ada saja yang main dua kaki alias ISIS.

Maka selain dua kubu, juga ada ISIS. Menarik dilihat bagaimana pergerakan dinamika PKB.

VIDEO PILIHAN