Mohon tunggu...
Ilham Fahlevi
Ilham Fahlevi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Teknik Elektro/Universitas Airlangga

Terus maju hadapi rintangan jangan mundur apalagi putus asa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Indonesia Menjadi Negara Minat Baca Paling Rendah?

17 Juli 2022   11:35 Diperbarui: 17 Juli 2022   11:37 168 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Membaca adalah aktivitas yang melihat dan memproses suatu tulisan yang dibaca untuk mendapatkan ilmu dan wawasan baru, membaca sangatlah penting oleh karena itu hal ini harus bisa dikuasai dengan baik ketika masih kecil agar bisa mendapatkan dan mencerna suatu informasi yang terdapat disekitar kita.

Indonesia menduduki peringkat 4 negara dengan penduduk terbanyak dengan total jumlah penduduk adalah 273 juta jiwa, tetapi berbicara tentang masalah minat untuk membaca menurut UNESCO Indonesia menjadi urutan kedua terbawah soal literasi, data menurut UNESCO sendiri minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001% sedangkan riset lain yang berjudul World's Most Literate Nations Ranked yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada Maret 2016 lalu Indonesia berada peringkat 60 dari 61 negara. Rendahnya minat baca ini akan sangat berdampak pada generasi  muda, rendahnya minat baca bisa meningkatkan banyaknya menderita buta huruf, tertinggalnya untuk mendapatkan informasi yang baru, menghambat pola pikir untuk maju.

Rendah minat baca ini harus segera dihambat peningkatannya agar generasi muda tidak menjadi orang yang malas dan lambat mengenai suatu informasi yang menyebabkan tertinggal dari negara-negara lain, oleh karena itu harus ada terobosan baru untuk mencegah ini seperti menciptakan hari wajib baca bagi pelajar dan jadikan membaca suatu hobi yang menyenangkan karena dengan membaca banyak sekali manfaat yang kita dapatkan.

Daftar Pustaka:

Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/1032/273-juta-penduduk-indonesia-terupdate-versi-kemendagri

Agustina Suminar, Agustina. (2021) Pengamat : Minat Baca Indonesia Rendah, Budaya Tutur Lebih Tinggi.   https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2021/pengamat-minat-baca-indonesia-rendah-budaya-tutur-lebih-tinggi/#:~:text=Berdasarkan%20data%20UNESCO%2C%20Indonesia%20menempati,1%20orang%20yang%20rajin%20membaca.

Data World's Most Literate Nations Ranked. https://webcapp.ccsu.edu/?news=1767&data

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan