Mohon tunggu...
Ilham DanuS
Ilham DanuS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Mencoba menjadi Mahasiswa yang dijalan yang benar

Selanjutnya

Tutup

Digital

Apa Itu NFT Art? Berikut Penjelasannya Secara Singkat

18 Januari 2022   14:49 Diperbarui: 18 Januari 2022   15:47 2181 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Baru baru ini sedang Viral dengan Fenomena Ghozali Everyday dimana telah meraup banyak uang dari NFT. Karena itu pada saat ini setiap orang selalu membincangkan NFT dimana mana.

Hal ini menjadikan NFT mulai digemari dan banyak orang-orang yang mencoba terjun ke dunia NFT. Khususnya para desainer, ilustrator, yang bergerak didunia digital.

Perkenalkan saya Ilham Danu, sebagai mahasiswa di ilmu komunikasi. Disini saya akan memberikan penjelasan secara singkat mengenai NFT dan NFT Art, yang sedang Viral Fenomena Ghozali Everyday yang mampu menjual NFTnya dengan nilai 1,5 M.

Sebelumbya, Apa itu NFT Art?

NFT Art atau yang banyak orang sebut sebagai Crypto Art adalah sebuah karya seni dalam bentuk digital dimana akan diwujudkan kedalam bentuk cryptocurrency. NFT Art ini diakses kedalam jaringan blockchain dimana setiap transaksi dan hak kepemilikan akan selalu diawasi. 

NFT, non-fungible tokens,  merupakan token digital yang nilainya sepadan atau sama. Contoh aset yang memiliki sifat fungible yakni emas, dolar, chips, bitcoin, dan juga Etherium.

Dari berbagai macam aset tersebut mempunyai nilai yang relatif sama. Dimana setiap barang yang ditukar dengan barang atau aset lainnya, nilai dari setiap aset yang berbeda tersebut tetap memiliki nilai sama atau tepat. 

Misalkan dalam suatu kasus, Ayah memegang uang sebesar 100 ribu. Lalu, adik membawa 2 lembar uang 50 ribu. Selanjutnya ayah dan adik menukarkan uangnya masing masing, dimana sekarang ayah memegang 2 lembar uang 50 ribu dan ayah memegang 1 lembar uang 100 ribu. Mereka memiliki jumlah lembaran uang yang berbeda namun memiliki jumlah nilai rupiah yang sama yakni 100 rbu.  

Kemudian bagaimana dengan aset yang non fungible, seperti lukisan, rumah dan item-item di game online, dsb. Dimana kita akan sulit untuk menukar aset yang satu dengan aset lainnya. Dikarenakan setiap bentuknya yang berbeda nilainyapun akan tidak sepadan. Setiap aset memiliki nilainya masing-masing, yang mempunyai nilai atau originalitas aset yang berbeda pula, setiap aset mempunyai keunikannya masing masing, oleh karena itu sering kita sebut dengan Non Fungible atau tidak sepadan.

Lanjut, pembahasan NFT Art?

NFT adalah token khusus yang mewakili ID unik yang ditautkan ke karya seni kripto yang tidak dapat direplikasi dan digunakan untuk memverifikasi barang digital lain. NFT adalah token khusus yang mewakili ID unik yang ditautkan ke karya seni kripto yang tidak dapat direplikasi dan digunakan untuk memverifikasi barang digital lain. Dimana semakin unik barang yang diciptakan nilai barang tersebut pun akan semakin tinggi juga. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Digital Selengkapnya
Lihat Digital Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan