Mohon tunggu...
Ilham DanuS
Ilham DanuS Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Mencoba menjadi Mahasiswa yang dijalan yang benar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Menjadi Konten Kreator di Era Digital Dengan Baik

9 Juni 2021   21:42 Diperbarui: 19 Juli 2021   14:55 691
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada kemajuan teknologi di era 4.0 ini mulai bermunculan para content creator di berbagai platform sosial media saat ini. Dengan  diantaranya dikarenakan mudahnya mengakses sosial media dan meningkatnya daya kreasi seseoarang dikala pandemi saat ini menjadi salah satu sebab berkembangnya para konten kreator masa kini. Sebelumnya apa itu konten kreator (content creator)? konten kreator juga sering disebut pada seseorang yang mampu mengolah dan memproduksi berbagai macam konten dengan tujuan akan diunggah ke berbagai media, dengan beberapa tujuan misalkan untuk berbisnis melalui sosial media, adapun yang hanya sebatas hobi sekalipun. Seorang konten kreator juga wajib bertanggung jawab atas peran serta dalam mengolah materi yang telah ia buat ke berbagai media. 

Adapun berbagai jenis platform yang sering digunakan oleh para konten kreator yang bermacam-macam mulai dari sosial media meliputi, Isntagram, Ffacebook, Twitter , dan adapun pengguna Website, Youtube, WordPress dan masih banyak lagi. Sebenarnya perlu diketahui lebih paham lagi konten kreator tidak selalu mengunggah konten miliknya secara online, namun juga offline sekalipun. Seseorang yang membuat sebuah karya maupun jasa berupa brosur, pamflet, banner, media presentasi, dan sebagainya, juga bisa disebut sebagai konten kreator. Dengan keahlian yang dimiliki, seorang content creator dapat membantu dalam menjalankan strategi digital marketing. Sebab, dengan konten berkualitas yang tepat sasaran akan lebih mudah untuk memasarkan suatu produk.  

Para era digital saat ini sebuat kata konten kreator di Indoneisa sangatlah sering didengar dimanapun itu. Sosial media yang mudah dalam mengaksesnya dan mudah dimengerti seseorang yang tidak terlalu pandai dalam bidang teknologi informasipun dengan mudah menjadi seorang konten kreator. Mulai dari anak-anak hingga orang tua pun turut meramaikan dunia perkontenan di Indonesia, dengan adanya ide yang sekiranya mudah untuk kita tumpahkan ke layar media dengan pengolahan desain konten yang seadanya namun terdapat sebuah ciri khas dari konten yang dimiliki sudah mampu menarik banyak penggemar konten tersebut.

Dalam membentuk sebuah konten pasti memerlukan adanya alat pembantu untuk memaksimalkan hasil yang ditujukan untuk mencapai pembentukan konten sesuai ide apa yang ingin dicapai. Beberapa contohnya ketika ingin memiliki konten youtube berjenis vidio vlog perlu memiliki peralatan(tools) yang cukup baik untuk mengambil gambar atau kamera yang memadai dibarengi dengan alat pengambilan suara seperti mic yang cukup jernih untuk merekam suara. Oleh karena itu untuk mendapatkan hasil konten yang baik perlu disandingi dengan perangkat yang cukup memadai. Namun dari sekian banyaknya konten kreator terdapat diantaranya yang mampu memaksimalkan perangkat yang ada dengan menggunakan ide yang briliant walaupun dengan perangkat yang sederhanapun hasil yang diciptakan cukup menarik banyak penggemar konten miliknya.

Perlu adanya beberapa hal yang diketahui para konten kreator mencapai kesuksesan diantaranya.

- Rajin membaca, jika ingin membuat konten yang bagus perlu membawa berbagai bekal dalam bentuk ilmu yang banyak didapat salah satunya dari membaca banyak hal sesuai dengan konten apa ia tekuni atau jalani. Hal ini sangat diperlukan sebagai penompang dalam proses penciptaan konten. proses penciptaan konten akan fokus pada minat audiens.

- Tulis setiap Ide, menulis ide yang dimaksud ialah ketika konten kreator yang setiap saat, entah bagaimana ide tersebut muncul, dimana dan kapanpun perlu sesegeranya ditulis dalam buku catatan ataupun ditulis dalam note dihandphone yang mudah dalam membawanya. Dari situ tujuan ditulisnya ide yang didapat supaya tidak lupa kalau mendapatkan ide yang cukup menarik untuk dibuat.

- Mengikuti tren konten saat itu juga, perlu diketahui oleh para konten kreator untuk membuat konten yang bisa dibilang mengikuti apa saja hal yang sedang hangat-hangatnya pada saat itu. Dengan tujuan mampu menarik para audiens yang selalu meminati hal yang sedang viral dimanapun itu.

- Buat konten yang orisinal, Konten orisinal disini maksudnya adalah konten yang menjadi gaya dan ciri khas masing-masing dari para konten kreator. Ciri khas inilah yang akan membedakan dari pencipta konten yang lain. Dengan membuat konten dengan keunikan tersendiri dari sebuah karya kreator. Gaya yang terciptapun berbeda dengan gaya orang lain.

- Pelajari audiens, seorang pencipta konten perlu mempelajari berbagai hal mengenai audiens. Sebab audienslah yang pada akhirnya akan menilai bagaimana konten yang kita buat. Sebagai konten kreator yang baik perlu mengetahui audiens luar dan dalamnya. Perlu diketahui berbagai informasi tentang audiens nya misalkan gender, usia, tempat tinggal, keluarga, pekerjaan, dan gaji dari audiens. Nah, dari hal itu konten tercipta akan sesuai dengan ide yang akan dibuat.

Dengan menerapkan berbagai cara diatas, semoga mencapai kunci kesuksesan dalam menggeluti dunia konten kreator, profesi yang satu ini sangatlah cocok pada setiap orang mempunyai jiwa-jiwa tantangan dan penuh kreativitas, dan seni.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun