Mohon tunggu...
Ilham DanuS
Ilham DanuS Mohon Tunggu... Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan

Mencoba menjadi Mahasiswa yang dijalan yang benar, tulisanku cukup dibaca saja, kritik belakangan :)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Konvergensi Media dengan Kelebihannya

15 April 2021   20:06 Diperbarui: 15 April 2021   20:10 48 1 0 Mohon Tunggu...

Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi membawa kebiasaan baru di dunia industri komunikasi yakni hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. fenomena yang kini muncul sering disebut sebagai konvergensi media. Di ranah praktis, konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka.

Dengan adanya computer dilengkapi dengan internet sangat berperan penting dalam berkembangnya konvergensi  media yang ada. Dan kecanggihan teknologi smartphone yang hampir dimiliki oleh setiap orang pada zaman skarang. konvergensi mengubah berbagai macam proses kehidupandalam ranah konsumsi informasi, berdampak langsung pada penggunanya dalam berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Dalam beberapa dekade mendatang di negara negara maju maupun negara berkembang masyarakat akan meninggalkan media massa tradisional dan beralih ke media konvergen seiring berjalannya waktu. 

Munculnya media baru yang mampu menampung banyak kinerja dari media tradisional yang telah ada, hingga terjadi konvergensi media dimana media lama dan media baru menyatu menghasilkan sebuah kombinasi, yaitu 3C yakni Communication, Computing dan Content karena ketiga hal tersebut terintegrasi melalui teknologi. Konvergensi media merupakan sumber media yang berbeda bergabung bersamam-sama dan menjadi satu dengan adanya sebuah Internet, sebagai contoh jika anda ingin membaca komik anda tidak perlu lagi membeli buku komik karena didalam smartphone kalian sudah tersedia banyak app yang menyediakan berbagai macam komik. Hal ini telah lumrah terjadi pada mana kini yang telah mengubah cara pengguna mengkonsumsi media, orang sekarang berpikir dan berperilaku berbeda.

Munculnya konvergensi media ini tentunya ada keuntungannya antaralain :

~Ketersediaan informasi berita semakin instan merupakan salah satu keuntungan yang menonjol dari konvergensi media tradisional dan media baru. Produsen konten lebih dimudahkan dalam menargetkan audiens atau grup terbaik yang mereka tuju dengan menerbitkan konten yang disesuaikan.

~Manfaat penting lain dari konvergensi media yaitu memperluas keterbatasan media tradisional dengan memadukannya dengan media baru, di dalam media baru nampaknya telah merubah banyak hal tentang media tradisional, sehingga menyediakan konten instan dan terkini di tingkat internasional.

~Dengan konvergensi media antara media tradisional dan media baru, biaya dalam menerbitkan sebuah berita informasi menjadi lebih ringan dan ekonomis  dikarenakan semua hal mengandalkan adanya internet.

Kondisi ini tentunya tidak akan muncul dengan sendirinya, konvergensi pada media teknologi timbul karena berubahnya penggunaan sinyal analog beralih ke sinyal digital telah menjadi  salah satu langkah utama dalam terjadinya konvergensi media. Terdapat faktor utama lainnya diantaranya; adanya kenaikan dan penurunan biaya teknologi digital, biaya infrastuktur jaringan digital yang relatif lebih murah dan mudah untuk dilakukan, pertumbuhan media baru yang cepat dan luas, penggunaan media yang banyak dikonsumsi dalam negara maju.Internet dan komputer berperan besar dalam hal ini, namun ada hal yang harus diingat bahwa walaupun selalu terjadi perubahan media dari waktu ke waktu, tapi media yang lama tidak akan ditinggalkan begitu saja. Akan tetapi hidup bersama dan saling berinteraksi dengan media-media pendatang baru. Konvergensi menyebabkan demasifikasi kondisi di mana ciri utama media massa yang menyebarkan informasi secara masif menjadi lenyap. Karena Arus informasi yang berlangsung menjadi makin personal, karena tiap orang mempunyai kebebasan untuk memilih informasi yang mereka butuhkan.

Dapat kita lihat generasi masa kini yang dimanapu kapanpun akan merasa ada yang kurang jika tak memegang/mengoperasikan smartphone nya, dikarenakan hampir semua kegiatan ataupun aktivitas bersinambungan dengan adanya internet dan gadget, apalagi karena adanya pandemi yang mengancam seluruh kegiatan yang ada contohnya pelajar-pelajar yang melakukan kegiatan kelas dengan sistem yang baru melalui app metting online, dimana pelajar dan guru saling tatap muka secara bersamaan dengan waktu yang bersamaan namun tidak di tempat yang sama dan dipertemukan secara online, atau sering disebut dengan sekolah daring.

Dengan memanfaatkan  peluang yang ada pada masa pandemi ini para industri kreatif mampu memaksimalkan sebuah produknya baik  dalam pembuatannya maupun dalam pemasarannya. Saat ini tersedia banyak sekali aplikasi baik di smartphone maupun perangkat keras lainnya yang telah banyak diakses pengguna internet. 

Terjadinya konvergensi media ini berdampak banyak pada kehidupan sosial budaya masyarakat, konvergensi media juga mengubah hubungan antara teknologi, industri, pasar, gaya hidup dan khalayak. Singkatnya, konvergensi mengubah pola-pola hubungan produksi dan konsumsi, yang penggunaannya berdampak serius pada berbagai bidang seperti ekonomi, politik, pendidikan, dan kebudayaan. Konvergensi juga merubah sebagaian sifat awak media di era digital, Media penerbitan bertambah fungsi dengan media penyiaran, dan media penyiaran bertambah fungsi dengan media penerbitan, kreativitas media yang kini sudah tidak terbatas dengan kata lain bebas berkreasi mencipatakan produk terbaiknya. Audiens kini juga dapat menjadi partner dalam pembuatan isi media, dimana sekarang audiens dapat berkomunikasi langsung melalui media informasi tidak seperti dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x