Mohon tunggu...
Ilfa Hassanaa Luthfiyah
Ilfa Hassanaa Luthfiyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Halo! Saya Ilfa Hassanaa Luthfiyah Mahasiswa Aktif Universitas Pendidikan Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Pemberdayaan Masyarakat RW 01 Kelurahan Gegerkalong untuk Meningkatkan Kesadaran Terhadap Sanitasi dan Air Bersih

11 Agustus 2022   09:10 Diperbarui: 11 Agustus 2022   09:15 60 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan KKN Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) tahun 2022 dilaksanakan sejak tanggal 11 Juli - 10 Agustus 2022, dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDGs dan MBKM. Dalam program KKN tahun ini, UPI menerapkan program berbasis SDGs Desa. Program ini memiliki 17 poin utama untuk menciptakan skema kehidupan berkelanjutan.

Dari beberapa 17 poin utama SDGs Desa, mahasiswa kelompok 4 KKN Tematik UPI melaksanakan salah satu kegiatan sesuai dengan sasaran program SDGs Desa yaitu "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi" yang dilaksanakan di RW 01 Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung.

RW 01 Kelurahan Gegerkalong menjadi daerah yang terlewati oleh aliran sungai Cibereum yang bermuara ke sungai Citarum sebagai sungai terpanjang di Jawa Barat. Sungai sebagai salah satu bagain terpenting bagi manusia untuk dpaat menunjang pemenuhan kegiatan sehari-hari. Sungai yang mengalir ke berbagai daerah pemukiman masyarakat tentunya menjadi bagian ekosistem yang sangat dekat dengan masyarakat. Bagian hulu identik dengan kualitas airnya yang lebih jernih sementara bagian hilir cukup tinggi berpeluang untuk airnya tercemar.

Pencemaran sungai menjadi efek domino, dimana jika sungai di suatu daerah dicemari maka akan berefek ke bantaran sungai selanjutnya yang teraliri. Pelaksanaan Kelompok 4 KKN Tematik UPI memiliki fokus tema "Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi". Sanitasi merupakan suatu bentuk usaha manusia untuk menjaga kondisi lingkungan agar lebih sehat.  Untuk tercapainya tujuan SDGs Desa ini dapat diukur dengan beberapa hal meliputi akses rumah tangga terhadap air minum dan sanitasi layak, terjadinya efisiensi penggunaan air minum, serta adanya aksi melindungi ekosistem; pegunungan, hutan, lahan basah, sungai, air tanah, dan danau.

Sungai menjadi salah satu tolak ukur dalam tercapainya tujuan SDGs yang menjadi fokus pengabdian sebagai salah satu pokok dari Tridharma Perguruan Tinggi oleh Kelompok 4 KKN Tematik UPI. Kelompok 4 KKN Tematik UPI di kelurahan Gegerkalong bekerjasama bahu-membahu dengan masyarakat RW 01 dalam pemberdayaan demi meningkatkan kesadaran pentingnya sanitasi dan air bersih. Hal tersebut berusaha diwujudkan dengan penyelenggaraan program kerja "Sosialisasi dan Diskusi Terbuka Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi". Program kerja yang dilaksanakan pada tanggal 29 Juli hingga 5 Agustus 2022 di Masjid Jami Al-Muslim RT 05 RW 01, Kelurahan Gegerkalong. Didukung dengan media power point dan infografis yang memuat pemanfaatan air limbah, ciri-ciri air tercemar, kualitas sumber air dan lain sebagainya.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Selain program sosialisasi, Kelompok 4 KKN Tematik UPI juga membantu dalam program RW 01 yang dinamakan Buruan Sae. Program tersebut diusung agar dapat mendorong masyarakat menciptakan lingkungan bersih dengan menanam berbagai macam tumbuhan.  Program ini memang sudah dilaksanakan lama oleh masyarakat disana demi menjaga kualitas tanah agar tidak tandus. Program ini berhasil memberdayakan masyarakat di RW 01 untuk penanaman tumbuhan yang sangat berkontribusi dalam menjaga siklus air.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Berbagai program kerja yang telah diusung oleh Kelompok 4 KKN Tematik UPI tersebut diharapkan dapat mendorong tercapainya tujuan SDGs yang menjadi pondasi pembangunan Negara. Berbagai kalangan baik masyarakat, mahasiswa dan pemerintah memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian alam demi kestabilan ekosistem bumi yang menjadi tempat tinggal kita semua.

Penulis : Ilfa Hassanaa Luthfiyah

Dosen Pengampu Lapangan : Dr. Iip Saripah, M.Pd.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan