Mohon tunggu...
Ila RokhmatulFanani
Ila RokhmatulFanani Mohon Tunggu... Ilmuwan - Mahasiswa

PIAUD UIN Malang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengembangan Alat Permainan Edukatif

13 September 2021   10:32 Diperbarui: 13 September 2021   15:18 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mengenal dunia anak lebih dalam lagi membuat saya menyadari bahwa kalimat "dunia anak adalah dunia bermain" sangatlah tepat. Mengapa dapat saya ambil kesimpulan bahwa kalimat tersebut tepat? Karena semakin diperhatikan semakin dapat dipahami bahwa melalui kegiatan bermain, anak mampu mengembangkan berbagai aspek perkembangannya. 

Jika dilihat secara kasat mata memang bermain hanya sekedar bermain, akan tetapi jika dilihat dari kacamata intelektual berbagai proses yang dilalui dalam bermain dapat mendukung tumbuh kembang anak.

Bermain sejatinya membutuhkan alat pendukung atau biasa disebut dengan property. alat pendukung dalam bermain lebih bersahabat di telinga pendidik anak usia dini dengan alat Permainan Edukatif dan biasa disingkat dengan APE. Mengapa harus ada kata 'edukatif' di dalamnya? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Alat Permainan Edukatif adalah seperangkat alat bermain yang memiliki nilai pendidikan didalamnya. Oleh karena itu, kata 'edukatif' berada di jajaran kalimat tersebut. Edukatif disini juga berarti banyak hal, selain memberikan pengajaran pada anak juga sebagai alat rangsangan untuk tumbuh kembang anak. Melalui kegiatan bermain menggunakan Alat Permainan Edukatif tersebut mampu membuat anak tidak hanya sekedar bersenda gurau tetapi juga mendalami makna 'bermain' sesungguhnya.

Adams (1975) berpendapat bahwa permainan edukatif adalah semua bentuk permainan yang dirancang untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemainnya, termasuk permainan tradisional dan moderen yang diberi muatan pendidikan dan pengajaran Atas dasar pengertian itu, permainan yang dirancang untuk memberi informasi atau menanamkan sikap tertentu, misalnya untuk memupuk semangat kebersamaan dan kegotongroyongan, termasuk dalam kategori permainan edukatif karena permainan itu memberikan pengalaman belajar kognitif dan afektif.

Sedangkan menurut Depdiknas (2003) mengartikan Alat Permainan Edukatif sebagai segala sesuatu yang bisa digunakan sebagai sarana atau peralatan untuk bermain yang mengandung nilai pendidikan (intelektual) yang kemudian dapat membantu mengembangkan seluruh aspek kemampuan anak.

Apabila kita telaah lebih jauh lagi kedua pengertian dari ahli diatas tidak memiliki banyak perbedaan. Keduanya memiliki inti bahwa Alat Permainan Edukatif adalah sebuah seperangkat alat pendamping bermain yang keberadaannya memiliki rancangan lebih mendalam. Rancangan lebih mendalam yang dimaksud disini adalah alat pendamping bermain tersebut sudah dirancang untuk dapat menumbuhkan berbagai aspek perkembangan anak.

Hal yang telah disebutkan diatas merupakan dasar dari adanya perbedaan konsep 'edukatif' dalam alat permainan ini. Apabila alat permainan lainnya mungkin hanya focus pada pemberian kebahagian, keamanan serta kenyamanan pada proses bermain anak.

Karakteristik yang kemudian dapat dengan jelas membedakan keduanya yakni yang pertama APE mampu menarik siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran karena memang sudah dia pelajari dalam permainan sebelumnya, kemudian banyak Alat Permainan Edukatif yang kemudian bentuknya tidak terstruktur hal tersebut dapat menumbuhkan pemikiran serta penyelesaian masalah secara kritis bagi anak dan yang terakhir yaitu Alat Permainan Edukatif ini diciptakan dengan design untuk membantu anak mencapai aspek perkembangan tertentu.

Setelah membahas mengenai pengertian Alat Permainan Edukatif mari kita lanjutkan dengan membahas ruang lingkupnya. Pembelajaran anak usia dini merupakan ruang lingkup Alat Permainan Edukatif secara umum. Mengapa berfokus pada pembelakaran anak usia dini? Karena seperti yang sudah dibahas diatas tadi bahwa dunia anak adalah dunia bermain oleh karena itu melalui penciptaan APE ini nantinya diharapkan mampu bersinergi dengan pembelajaran di PAUD dengan sasaran perkembangan berbagai aspek anak dengan optimal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun