Mohon tunggu...
ikwan juminda
ikwan juminda Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

KKN Mandiri Sosialisasi Pencegahan Covid-19 pada Warga RT 14 RW 05 Surabaya

10 Januari 2021   10:03 Diperbarui: 10 Januari 2021   10:30 49 0 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
  (Gambar : Pemberian Masker kepada Ketua RT 14 RW 05) | dokpri

Surabaya, Jawa Timur -- Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (UNTAG) yang tergabung dalam KKN Tematik Covid-19 DPL R6 yang dibimbing oleh Ibu Dewi Sri Andika Rusmana, S.I.Kom.,M.Med.Kom melakukan sosialisasi pencegahan covid-19. Salah satu sosialisasi yang diberikan adalah cara hidup bersih dan pola gizi teratur di era new normal sesuai standar Nasional Kesehatan (NAKES) oleh mahasiswa yang tergabung DPL R6 yaitu Juminda Aulia Rakhman. Sosialisasi ini ditujukan kepada masyarakat RT 14 RW 05 Kel. Menanggal Kec. Gayungan Kota Surabaya (18/12). Tujuan dari kegiatan ini agar masyarakat tahu pentingnya hidup hygenis dan mengatur pola gizi teratur untuk menjaga imunitas tubuh agar tidak terkena penyakit Covid -19.

Pandemi COVID-19 mengakibatkan KKN Mandiri ini dilakukan secara individu di masing-masing wilayah tempat mahasiswa tinggal, dengan tetap mematuhi protokol Covid-19. Hal yang paling sering dilakukan dalam KKN Tematik Covid-19 adalah memberikan edukasi dan demonstrasi tentang Covid-19 kepada masyarakat sekitar. Sesuai aturan Covid-19, yakni hanya di rumah, mahasiswa KKN memberikan penyuluhan adalah cara hidup bersih dan pola gizi teratur di era new normal.

(Gambar : Demonstrasi cara mencuci tangan dengan benar) | dokpri
(Gambar : Demonstrasi cara mencuci tangan dengan benar) | dokpri
Dalam penyuluhan sosialisasi tentang cara hidup bersih dan mengatur pola gizi, sebelum acara sempat terjadi hujan sehingga waktu sosialisasi di undur sampai para peserta peyuluhan tersebut terkumpul di lokasi. Saat penyuluhan berlangsung mahasiswa menyampaikan materi dengan cara memberikan cara hidup sehat dan memberikan sedikit video dari SATGAS covid -- 19 bagimana cara mengatur pola gizi dengan benar. Lalu setelah presentasi penulis lihat para peserta sangat memahami dan memberikan tanggapan positif terhadap materi yang mahasiswa berikan. Dan tidak lupa mahasiswa memberikan masker kepada peserta yang hadir melalui ketua RT 14 RW 05 Kel. Menanggal Kec. Gayungan Surabaya. Setelah pemberian masker mahasiswa mendemonstrasikan cara cuci tangan dengan benar.

Dari hasil kegiatan sosialisasi tersebut masyrakat RT 14 RW 05 Surabaya, lebih aware lagi tentang hidup hygen dan yang terpenting cara pola makan gizi yang teratur agar tidak terkena virus Covid -19. Pada dasarnya pandemi Covid-19 ini memberikan dampak-dampak terhadap semua bidang kehidupan. Namun, tanpa kita sadari banyak sisi positif yang dapat kita petik dari pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia hingga hari ini. Dampak yang dirasakan memang sungguh nyata dan dapat dirasakan oleh setiap orang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan