Mohon tunggu...
Ikwana Sofa
Ikwana Sofa Mohon Tunggu... Konten ini dibuat untuk membuat pembaca dan penulis agar saling mengetahui perkembangan di era sekarang

Ikhwana sofa : manjadda wajada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pohon Kelapa Sejuta Manfaat

15 April 2021   14:28 Diperbarui: 15 April 2021   14:42 140 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh : Ikhwana Sofa

Mahasiswa IAIN LANGSA, KPM TEMATIK 2021 (Milenial Membangun Negri) 

              Kelapa (cocos nucifera) adalah satu  jenis tumbuhan dari suku aren-arenan atau Arecaceae dan adalah anggota tunggal dalam marga Cocos. Tumbuhan ini dimamfaatkan hamper semua bagiannya oleh manusia shingga dianggap sebagai tumbuhan serba guna, khususnya bagi masyarakat pesisir. Kelapa juga adalah sebutan untuk buah yang dihasilkan tumbuhan ini. Kelapa secara alami tumbuh dipantai dan pohonnya mencapai ketinggian 30 m. ia berasal dari pesisir Hindianamun kini telah tersebar di seluruh daerah tropoka. Tumbuhan ini dapat tumbuh hingga ketinggian 1000 m. dari permukaan laut , namun akan mengalami perlambatan pertumbuhan.

              Pohon dengan batang tunggal atau kadang kadang bercabang. Akar  seerabut, tebal dan berkayu, berkerumun membentu bonggol, adaptif pada lahan berpesisir pantai. Batang beruas ruas namun bila sudah tua tidak terlalu tampak, khas tipe monokotil dengan pembuluh menyebar (tidak konsentrik), berkayu. Kayunya kurang baik bila digunakan untuk bangunan. Daun tersusun secara menjemuk, menyirip sejajar tunggal, pelepah pada ibu tangkai pendek, duduk pada batang, warna daun hijau kekuningan.

              Kelapa adalah pohon serba guna bagi masyarakat tropika. Hampir semua bagiannya dapat dimamfaatkan orang. Akar kelapa menginspirasi penemuan teknologi penyangga bangunan cakar ayam (dipakai misalnya Bandar udara Soekarno Hatta) oleh sedyatmo. Batangnya yang disebut gelugu dipakai orang sebagai kayu dengan mutu menengah, dan dapat dipakai sebagai papan untuk rumah.

              Buah kelapa adalah bagian palig bernilai ekonomi. Sabut, sebagian mesokarp yang berupa serat serat kasar, diperdagangkan sebagai bahan bakar, pengisi jok kursi, anyaman tali, keset, serta media tanaman anggrek. Tempurung atau batok, yang sebetulnya adalah bagian endocarp, wadah minuman, dan bahan baku sebagai bentuk kerajinan tangan.

              Batang pohon kelapa biasanya dijadikan papan atau tiang sebagai bahan bagunan yang tahan terhadap cuaca. Daun kelapa biasannya digunakan sebagai bahan dasar membuat ketupat. Kemudian tulang daunnya atau sering disebut lidi dapat digunakan sebagai sapu lidi. Pelepah daunnya dapat digunakan sebagai kayu bakar sebagai pengganti kompor. Daging buahnnya yang masih muda biasannya dijdikan munuman atau yang sering disebut sebagai es kelapa muda, sedangkan daging kelapa yang sudah tua dapat digunakan sebgai bahan santan untuk makanan atau untuk membuat minyak goring atau minyak urut.

              Salah satu yang menarik dalam pemamfaatan bagian bagian dari kelapa terletak pada batok atau yang sering disebut dengan cangkang buahnya. Hal ini bahwa batok kelapa memiliki nilai ekonomi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan buah kelapa itu sendiri apabila pandai dalam pengolahan batok kelpa. Dengan adannya kereatifitas dan ketekunan dari tangan tangan yang kereatif, batok kelapa dapat menjadi benda benda kerajinan yang mempunyai kegunaan dan nilai seni. Sebelum diolh menjadi kerajinan batok kelapa direndam kedalam air untuk menghilangkan sisa sisa dari daging kelapannya agar lebih mudah dibersihkan.

Selain sebagai pebagai pernikahan janur sebenarnya dapat digunakan sebagai kerajinan lain seperti tempat makan, tas, piring topi dan lain lain yang terbuat dari janur. Sebenarnya semua bagian dari kelapa dapat anda mamfaatkan, salah satunya bisa anda dapatkan mamfaat akar pohon kelapa. Selain mamfaat akar pohon kelapa, ada juga mamfaat dari batang kayu pohon kelapa yang dapat digunakan sebagai bahan perabotan. Selain itu daun kelapa juga dapat dijadikan berbagai macam kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi.

Tidak hanya itu mamfaat akan pohon kelapa juga sangat berguna bagi kesehatan diantaranya mengatasi gatal, terutama gatal yang terjadi pada kulit disela sela jari kaki atau tangan dan celah celah lain yang lembab. Biasannya celah kulit yang lembab, rawan terjadi gatal, dan terkena kudis dan penyakit lainnya. Jika anda terkena penyakit tersebut, anda dapat menggunakan ramuan dari akar pohon kelapa untuk mengobatinya.

Mamfaat akar pohon kelapa selanjutnya, yaitu mampu menurunkan suhu panas pada tubuh karena demam. Jika anda mengalami diare, maka anda dapat mengatasi penyakit tersebut dengan mengambil manfaat akar pohon kelapa. Penyakit wasir dan ambeien memang cukup menganggu dan dapat menimbulkan rasa sakit sehingga membuat anda menjadi tidak nyaman saat beraktifitas. Mamfaat akar pohon kelapa selanjutnya, dipercaya akar pohon kelapa dapat melancarkan peredaran darah.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x