Mohon tunggu...
iksanadam
iksanadam Mohon Tunggu... Mahasiswa

MAHASISWA TEKNIK PERTAMBANGAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Masyarakat dan Tambang

15 Oktober 2019   20:28 Diperbarui: 15 Oktober 2019   20:33 0 0 0 Mohon Tunggu...

Secara logikasederhana, industry tambang seharusnya adalah sebuah berkah bagi Negara yangmemilikinya, karena faktanya tidak semua Negara di karuniai kekayaan sumberdaya mineral yang melimpah, Indonesia salah satunya yang di berikan kekayaanitu. 

Namun nyatanya kondisi aktual sampai hari ini justru berkata lain,Indonesia yang memiliki kekayaan sumber daya mineral justru masuk dalamkategori Negara miskin atau dapat dikatakan Negara ini belum dapatmengkapitalisasikan kekayaan sumber daya mineral untuk kemakmuran dankesejahteraan rakyat.

Sebuah kegiatan pertambangan memangsudah seharusnya memperhatikan dampak yang akan terjadi terhadap lingkungandengan adanya kegiatan tersebut. Sebelum kegiatan pertambangan itu beroperasi, harus dilaksanakan studi AMDAL terlebih dahulu, mengkaji tentang studi kelayakan, dampak-dampak yang ditimbulkan oleh kegiatan tersebut, baik dampak positifmaupun negatif. 

Jika studi kelayakan terpenuhi, maka kegiatan pertambangantersebut diperbolehkan untuk beroperasi. Namun terkadang, studi AMDAL tidakbenar-benar dilaksanakan secara maksimal, sehingga menyebabkan kegiatanpertambangan yang beroperasi di suatu wilayah tertentu tidak sesuai denganprinsip-prinsip pertambangan yang ada. Akibatnya, terjadi kerusakan lingkungansekitar.

Di Indonesia, tidak semua kegiatanpertambangannya buruk. Masih ada kegiatan pertambangan yang baik danmemperhatikan keberlanjutan lingkungan sekitar, salah satunya yaitu PT NewmontNusa Tenggara. 

Mungkin kita pernah mendengar berita tentang PT Newmont NusaTenggara beberapa tahun lalu tentang pertambangan emasnya yang menimbulkanpencemaran lingkungan dan masalah kesehatan akibat limbah yang dibuang kelingkungan melebihi aturan yang ditetapkan. 

Namun, dengan adanya kegiatan"Suistinable Mining Bootcamp" ini yang munkin dapat menjadi salah satu buktibahwa PT Newmont Nusa Tenggara melakukan kegiatan pertambangan sesuai denganprinsip pertambangan yang baik. Selain itu, kegiatan ini dapat memberikanpemahaman-pemahaman terkait dunia pertambangan kepada masyarakat umum yangmungkin masih beranggapan negatif terhadap kegiatan pertambangan.

Saya adalah salah satu mahasiswayang tertarik untuk mengenal dunia pertambangan lebih luas. Sadar atau tidak,dunia pertambangan ini memang penting untuk kehidupan kita. Kegiatan inimemberikan peran penting dan mempunyai banyak manfaat bagi kehidupansehari-hari. 

Walaupun terkadang mempunyai dampak negatif jika tidakdilaksanakan sesuai dengan peraturan terkait pertambangan. 

Oleh sebab itu, kitasangat perlu untuk mengetahui dan memahami lebih dalam mengenai duniapertambangan agar dapat menyikapinya lebih tepat.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x