Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Ibu Ensiklopedia

21 Juni 2021   09:00 Diperbarui: 21 Juni 2021   08:58 481
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: theconversation.com

Warga menjulukinya Ibu Ensiklopedia.

Bukan karena ia berwawasan luas seperti buku besar di perpustakaan yang memuat banyak data, tetapi karena pengetahuannya yang luar biasa akan kehidupan seorang manusia. Ya, ia tahu segala hal dari ujung kaki ke ujung kepala tiap manusia di kampung ini. Dari ujung gang di dekat sungai hingga rumah di dekat jalan raya yang berjejer tak begitu rapi.

Ibu ensiklopedia amat bangga akan pengetahuannya ini. Dalam sebuah perbincangan di depan toko sayur, ia kerap memberikan info terkini seputar isu yang sedang hangat.

"Jeng, si Maria itu ternyata simpananannya duda di Kampung Rusa," Ibu Ensiklopedia memulai pembicaraan.

Ibu-ibu yang mulanya khusyuk menawar belanjaan, tetiba teralihkan oleh isu yang ia hempaskan.

"Lho, bukannya ia sudah jadi istri siri si Wawan yang jualan beras di Pasar Laras," timpal seseorang.

Isu yang terlempar pun kemudian menjadi bola panas. Masing-masing ibu yang berbelanja di toko itu punya pendiriannya masing-masing. Ada yang pernah melihat Maria dengan seorang duda, ada pula yang kerap melihatnya berboncengan dengan seorang pria muda.

Bola panas itu kemudian dengan mudah dikendalikan Ibu Ensiklopedia ketika ia memiliki cerita lengkap tentang si Maria.

"Jadi gini lho, Jeng. Aku kan sudah pernah satu rumah sama duda itu. Kebetulan dulu dia adalah adik tiri suamiku. Nah, pas pertemuan keluarga kemarin, eh ada Si Maria. Lah, aku cecarlah dia kenapa bisa sama duda itu," Ibu Ensiklopedia menerangkan dengan bangga. Ia juga memberikan paparan bahwa keluarganya tidak terlalu suka dengan si Maria.

Sosok Maria yang diceritakan Ibu Ensiklopedia kemudian jarang muncul di kampung itu. Pergunjingan pun menjadi kurang menarik. Namun, Ibu Enskilopedia tak kehabisan akal. Ia masih punya cerita lagi tentang wanita itu.

"Sehabis dia dekat sama duda itu, eh sekarang dia mau ngembat pria beristri yang ada di kampung ini. Kabarnya, mereka sudah pernah tidur sekamar berhari-hari. Wah, kita pantas hati-hati, Jeng".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun