Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Hobi Artikel Utama

Ngeblog, Jawaban Mimpi yang Belum Tergapai dan Pertemuan dengan Teman Baru

27 Oktober 2020   06:47 Diperbarui: 27 Oktober 2020   22:54 109 23 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ngeblog, Jawaban Mimpi yang Belum Tergapai dan Pertemuan dengan Teman Baru
Kala ikut kompasianival 2019. - Dokumen Pribadi

Eh tiba-tiba sudah hari blogger saja.

Dan tiba-tiba sudah mau akhir Oktober saja. Di hari spesial ini, saya mau memberi ucapan selamat bagi teman-teman blogger yang hingga kini masih setia menulis, memberi komentar, dan membalas komentar, serta sederet aktivitas blog lain.

Sungguh, kegiatan kita seperti ini bukanlah hal mudah di tengah badai pandemi yang butuh tenaga dan pikiran untuk melewatinya. Melakukan kegiatan yang belum tentu menghasilkan uang saat ini butuh keberanian dan niat tulus dari dalam.

Meski demikian, bagi beberapa orang, termasuk saya, ngeblog sebenarnya adalah pelampiasan. Sebuah pelampiasan bercerita mengenai apa yang kita pikirkan yang belum tentu bisa tersampaikan dengan baik secara lisan. Belum tentu dapat diterima oleh orang sekitar. Terutama, jika pikiran tersebut adalah pikiran random, aneh, tak umum, yang belum tentu menjadi hal menarik bagi orang-orang.

Terlebih, saat ini, peran blog pun mulai tergeser dengan YouTube, Tiktok, dan sejenisnya. Bukan saya memandang berbeda platform-platform tersebut, tetapi nyatanya kini orang lebih tertarik menghabiskan waktu untuk melihat video daripada membaca.

Tak masalah sebenarnya. Dunia pasti terus berubah dan kita harus beradaptasi dengan perubahan itu. Saya sendiri juga mulai membuat channel YouTube meski tidak berkeinginan membuat akun Tiktok.

Saya masih senang menghabiskan energi dan pikiran saya untuk mencari ide menulis dan menuangkan dalam bentuk tulisan di blog. Bagi saya, itu jauh lebih lega dan puas walau belum tentu tulisan saya dibaca oleh banyak orang.

Beberapa tahun yang lalu, saya pernah menulis mengenai nasib saya yang sering tidak didengar oleh orang di sekitar saya, entah rekan, saudara, atau lainnya. Saya tidak marah karena memang pembicaraan saya terlalu random. Ya memang wajar sih kalau ketika berada di sebuah perjalanan, tiba-tiba saya kagum dengan persilangan kereta api yang melintas.

Makanya, berbagai pemikiran tersebut saya simpan untuk saya tulis dalam bentuk blog. Ketika berkumpul, saya lebih banyak diam dan mendengar dibandingkan berbicara. Diam sekalian mengamati apa yang terjadi di sekitar saya sembari mencari ide untuk menuangkannya dalam bentuk blog.

Nah, saat saya bisa menuangkan dalam bentuk blog, di situlah saya benar-benar merasa puas dan bahagia. Rasanya, ada banyak orang, satu lapangan penuh yang mendengar cerita saya. Cerita yang sebenarnya tidak terlalu penting tetapi bagi saya amat penting dan harus saya kupas lebih mendalam. Inilah yang saya sebut dengan keasyikan ngeblog yang sesungguhnya.

Rasa bahagia saya semakin besar tatkala saya bisa sekalian membuat infografis ala-ala untuk menunjang tulisan saya. Kalau sedang niat juga, video yang menunjang tulisan itu saya  buat. Walau remeh temeh, sejujurnya ini adalah media yang membuat saya bahagia. Terlebih, tidak banyak orang di sekitar yang mau mendengar cerita saya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x