Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Apa Sih Arti Kemerdekaan buat Kamu?

16 Agustus 2020   06:36 Diperbarui: 9 Juni 2021   07:28 3814
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Arti kemerdekaan untuk aku | Dokumentasi Pribadi

Kemerdekaan buat aku adalah....

Menjadi orang Indonesia membuatku mengerti arti kemerdekaan sesungguhnya. Kemerdekaan bagiku berarti bisa leluasa berbakti pada negeri. Ketika kita melihat sorot mata ceria dari orang di sekitar kita dan kebahagiaan kehidupan dari mereka.

Aku menemukan jati diriku ketika bersentuhan dengan mereka. Ketika aku bisa memberikan apa yang aku punya untuk mereka tanpa rasa berat dan takut akan sesuatu. 

Ketika aku bisa begitu gembira menolong orang di sekitarku tanpa banyak pikiran untuk mendapatkan apa-apa. Selain, mendapatkan keramahan dari mereka.

Kemerdekaan adalah ketika hati dan jiwaku bisa merasakannya. Merasakan sesuatu yang melegakan, lepas, dan tak terikat oleh belenggu sebuah definisi dan penilaian. Kemerdekaan adalah saat aku bisa mengekspresikan apa yang aku pikirkan tetapi tetap santun dalam penyampaian.

Baca juga: Memaknai Arti Kemerdekaan Republik Indonesia

Kemerdekaan juga berarti bisa menikmati keindahan alam dan budaya yang dimiliki Indonesia. Saat aku bisa mengatakan kepada dunia, bahwa negeri ini adalah negeri yang kaya. Ketika aku bisa begitu bangga mengambil gambar pesona Indonesia dari berbagai tempat yang sudah aku tapaki keindahannya.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Kemerdekaan adalah bisa memanfaatkan segala sesuatu yang telah dianugerahkan oleh Tuhan kepada Indonesia. Dari kedalaman samudera dan kegagahan langit yang biru, aku bisa merasakan anugerah itu begitu nyata. 

Dari Sabang hingga Merauke, dari Pulau Miangas hingga Pulau Rote, anugerah kemerdekaan itu bisa dirasakan secara adil oleh segenap rakyat Indonesia.

Indonesia adalah sebuah kanvas di mana Tuhan menggoreskan keindahan di dalamnya. Karena sejatinya, kemerdekaan itu ada di hatimu, di pikiranmu, dan jiwamu. Kemerdekaan sesungguhnya bukan hanya slogan semata tetapi adalah sebuah perwujudan nyata.

Dokumentasi pribadi
Dokumentasi pribadi
Berpikir bahwa kita merdeka dan bisa berbuat banyak bagi banyak orang. Berhati mulia dari kemerdekaan yang kita dapat agar bisa berbakti pada negara. Dan memiliki semangat merdeka dalam jiwa yang tak kenal lelah menghadapi segala rintangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun