Mohon tunggu...
IKOM UMSIDA
IKOM UMSIDA Mohon Tunggu... media

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo adalah salah satu prodi di Umsida yang terakreditasi A yang khas dengan tagline "Los Gak Rewel"

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Eksplorasi Industri Lokal, Ikom Umsida Kunjungi Secret Garden

11 Mei 2025   16:50 Diperbarui: 11 Mei 2025   16:50 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ikom.umsida.ac.id -- Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) mengikuti agenda company visit di Secret Garden Village, Bali, pada Kamis, (24/04/2025). 

Kegiatan ini menjadi bagian dari rangkaian International Study Excursion (ISE) 2025, sekaligus menjadi ruang belajar langsung di industri kreatif dan manufaktur produk lokal Indonesia.

Secret Garden dikenal sebagai pabrik sekaligus showroom dari brand kecantikan dan spa ternama, Herborist. Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa diajak melihat langsung bagaimana proses pengolahan bahan alami, pengemasan produk, hingga strategi komunikasi dan pemasaran yang digunakan untuk membangun brand lokal hingga dikenal secara nasional dan internasional.

Belajar Branding dari Industri Kecantikan

Selama tur berlangsung, mahasiswa diajak berkeliling ke berbagai bagian dari Secret Garden, termasuk area pengolahan bahan baku, ruang produksi yang steril, serta galeri produk. Mereka mendapatkan penjelasan rinci mengenai proses pembuatan produk Herborist mulai dari bahan dasar hingga sampai ke tangan konsumen.

Saskya, salah satu mahasiswa peserta, mengungkapkan antusiasmenya saat berada di area produksi.

"Momen paling menarik waktu di Secret Garden itu pas masuk ke ruang produksinya. Meskipun sebentar, tapi bisa lihat dan tahu langsung proses pembuatan sampai packing Herborist," ujarnya.

"Yang bikin berkesan juga karena kami pakai baju steril, jadi terasa banget kayak masuk ke dunia industri profesional. Setelah itu yang nggak kalah seru, kami dapat tugas dari Mr Jack buat cari spot foto bareng kelompok. Baru sadar ternyata Secret Garden luas banget dan banyak banget spot foto yang estetik," tambahnya.

Selain pemahaman seputar produksi dan branding, mahasiswa juga diajak berdiskusi tentang bagaimana membangun brand image dan strategi public relations dari produk-produk lokal agar mampu bersaing di pasar yang kompetitif.

Misi Fotografi dan Kreativitas Lapangan

Company visit kali ini tidak hanya sebatas kunjungan edukatif, tetapi juga menantang mahasiswa untuk menjalankan misi kreatif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun