Mohon tunggu...
Ikko Williams
Ikko Williams Mohon Tunggu... Penulis

Penulis novel Me vs Spatula, Marry Me In Harrisonburg the series, antologi prosa Nyala Cinta Dalam Temaram Hati, antologi puisi Sebablah Cinta Menyenandungkan Rindu, dan Hati Yang Kau Patahkan Di Belantara Luka Kehilangan

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Fakta Menarik Mandiri Jogja Marathon, Nomor 7 Bikin Tercengang!

16 Mei 2019   18:41 Diperbarui: 16 Mei 2019   18:50 0 0 1 Mohon Tunggu...
Fakta Menarik Mandiri Jogja Marathon, Nomor 7 Bikin Tercengang!
Suasana saat ajang lari Mandiri Jogja Marathon Dimulai

"Lari marathon pada dasarnya bukanlah untuk mengalahkan pelari lain. Tapi kamu akan belajar bahwa kamu sedang berkompetisi dengan suara kecil di hatimu yang memintamu menyerah."
~ George Sheehan, dokter, atlet dan penulis 'Going the Distance'

Manusia dibentuk untuk lari, kaki kita adalah satu-satunya alat transportasi yang kita andalkan untuk melakukan banyak hal, bahkan untuk hal kecil seperti buang air atau sekadar menengok tamu di luar rumah, kita perlu kaki untuk berjalan. 

Berjalan ataupun berlari terkadang sering diremehkan oleh manusia itu sendiri, kebanyakan orang malah malas menggerakkan kaki mereka, padahal banyak juga mereka yang memiliki keterbatasan dan berharap punya kaki untuk berjalan.

Segudang fakta dan manfaat dari berlari mungkin bisa kita temukan di internet, selain hal penting mengenai kemauan untuk bugar, di sini penulis akan mengulik fakta lain dari berlari dalam ajang Mandiri Jogja Marathon yang diselenggarakan tanggal 28 April 2019 lalu.

1. Diselenggarakan oleh Bank Mandiri.
Acara ini diselenggarakan oleh Bank Mandiri dengan Mandiri Finance sebagai Co. Sponsor-nya, termasuk Mandiri In Health, Mandiri Syariah, Mandiri Investasi, Mandiri Sekuritas dan Mandiri Taspen. Selain itu Mandiri AXA turut menjadi official insurance di acara tersebut.

2. Diikuti lebih dari 7000 peserta dari 9 negara.
Bagi saya ajang ini sangat membanggakan sebagai warga Indonesia, yang mana kuota peserta yang semestinya 7000 orang sesuai aturan penyelenggara, nyatanya diikuti lebih banyak lagi, yaitu mencapai 7500 orang. Selain itu, ajang ini juga diikuti banyak peserta dari 9 negara, mulai dari negara tetangga kita, Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura, hingga dari China, Jepang, Kenya, Brazil bahkan Amerika Serikat. Menarik bukan?

3. 2019 menjadi tahun ketiga diadakannya acara ini.
Sukses menyelenggarakan Mandiri Jogja Marathon pada tahun 2017 dan 2018, tahun ini acaranya lebih besar karena didukung banyak pihak serta sponsor yang membludak.

4. Memperkenalkan kultur budaya dan kuliner lokal.
Di sepanjang rute, pelari yang melewati Candi Prambanan, Candi Plaosan hingga Monumen Taruna akan menemukan banyak sekali stand kuliner dan aneka minuman lokal, mulai dari cemilan seperti bakpia, wedang jahe, hingga makanan berat seperti nasi gudeg Jogja semuanya tersedia.

5. Peserta mendapatkan banyak keuntungan
Dalam ajang ini para peserta mendapatkan banyak sekali keuntungan sebelum dan sesudah acara berlangsung. Dimulai dari penyelenggara yang memberikan diskon menarik saat pendaftaran hingga 30% dengan Mandiri debit online dan kartu kredit, hingga diskon aneka kuliner serta oleh-oleh mulai dari 25% hingga 30%. Kerennya, hotel yang menjadi sponsor pun turut memberikan banyak diskon fantastis hingga mencapai 55%.

6. Didukung Dinas Pariwisata DIY sejak awal diadakan.
Sejak dimulai dua tahun sebelumnya, ajang ini selalu didukung oleh Dinas Pariwisata DIY. Hingga kini dukungan juga didapat dari Pesona Indonesia dan PT.TWC (taman wisata candi), mengingat acara ini sama dengan mempromosikan kearifan lokal, budaya serta kuliner.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2