Mohon tunggu...
ikhwan firdaus
ikhwan firdaus Mohon Tunggu... Marbot Masjid Baitut Tarbiyah Disdik Purwakarta

Media kajian religi yang diselenggarakan di masjid baitut tarbiyah Dinas Pendidikan kabupaten Purwakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Salat sebagai Identitas Seorang Muslim

14 Maret 2020   21:45 Diperbarui: 15 Maret 2020   10:52 13 0 0 Mohon Tunggu...

Materi khutbah solat jumat
Masjid baitut tarbiyah
Dinas pendidikan kabupaten Purwakarta
Ustad ilyas
(Jumat 13/3) 

Hari ini bertepatan dengan 18 Rajab, Rosulullah SAW pernah bersabda tentang bulan Rajab, "Sesungguhnya Rajab adalah bulan Alloh, sa'ban bukan aku, Romadhon bulan umatku.
Ketika sesuatu dinisbatkan dengan nama Alloh berarti ada sesuatu yg diistimewakan dibulatkan tersebut. Rajab sering juga disebut bulan mustajab. Bulan dikabulkannya doa oleh Allah SWT. Dulu org jahiliyah pun mempunyai kepercayaan bahwa di bulan ini mereka percaya waktu yang tepat untuk berdoa agar dijauhkan dari marabahaya. 

"Allahuma bariklana fii Rojaba wasa'sabana wabaligna  romadhona... Aamin YRA"

Didalam bulan Rajab ini ada satu kejadian yang penting yaitu peristiwa Isro wal mi'raj dimana dalam perjalanan Rosululloh dari Masjidil Aqso menuju Masjidil haram kemudian bertemu dengan Alloh SWT dan mendapat perintah langsung untuk menyampaikan tugas kepada kaum muslimin wal muslimat mengerjakan
Solat 5 waktu ( Dzuhur, Ashar, maghrib, Isya dan Subuh)
Solat merupkan yg hal terpenting bagi seseorang setelah dia menyatakan keimannnya kepada Alloh. Abduloh bin mas'ud pernah bertanya kepada Rosulullah SAW tentang Allah yang utama, lalu beliau menjawab, SOLAT, kemudian dia bertanya lagi, beliau menjawab,BERBAKTI PADA ORANG TUA. Kemudian bertanya lagi, beliau pun menjawab, Jihad fisabiliah.

Dapat disimpulkan bahwa Solat adalh merupakn sebaik-baik amal yang ditetapkan Alloh bagi umat Islam.
Dalam kitab Fadhail amal bahkan disampaikan bahwa solat merupakan amal yg pertama kali dihisab di alam kubur. Apabila solatnya baik, maka baik pula seluruh amalnya. Akan tetapi apabila rusak mak amal lainya pun meskipun baik akan ikut rusak pula. 

Solat merupakan tanda keislaman seseorang. Apakah dia melaksanakan solat 5 waktu secara utuh berati Islamnya benar. Tidak bisa memiliki keislaman yg benar bila dia meninggalkannya.
Barangsiapa yg meninggalkan solat dengan sengaja, maka dia sudah benar2 kafir (ingkar) kepad Alloh. Solat akan menjadi cahaya dan pembela serta menjadi penyelamat di akhirat.  Sementara Ancaman bagi orang yang meninggalkan solat, kelak Alloh akan mengumpulkan mereka dengan Firaun, Hamman, Ubay (musuh besar islam yang selalu berusaha ingin membunuh Rasululloh SAW.
Begitu besar acanam bagi orang yang tidak melaksanakan solat. Solatlah  tepat waktu dan tidak lalai. Mudah-mudahan kita senantiasa dapat menjaga keutuhan solat 5 waktu kita. 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x