Mohon tunggu...
ikhwan firdaus
ikhwan firdaus Mohon Tunggu... Marbot Masjid Baitut Tarbiyah Disdik Purwakarta

Media kajian religi yang diselenggarakan di masjid baitut tarbiyah Dinas Pendidikan kabupaten Purwakarta

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Korona Dimata Ridwan Kamil

8 Maret 2020   19:21 Diperbarui: 8 Maret 2020   20:15 25 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Korona Dimata Ridwan Kamil
img-20200308-191123-5e64e3b8d541df4d664acfb2.jpg

Tausiyah ba'da shubuh
Masjid Agung Basing Yusuf Purwakarta
Ridwan kamil (Gubernur Jawa Barat)

Assalamu'alaikum. Wr. Wb.
Alhamdulillahirobil'almin
Allohuma Soli'alaa Sayidina Muhammad
Suasana solat Subuh berjama'ah di masjid Agung baing Yusuf Purwakarta kali ini sedikit berbeda dengan kehadiran Bapak Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang melakukan kunjungan dan bersilaturahmi dengan ulama dan umaro di wilayah Kabupaten Purwakarta. Hadir pula ibu bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika beserta para kepala OPD yang dengan hangat menyambut kedatangannya. Dalam pidatonya "ambu" Menyampaikan fungsi Masjid Yaitu Masjid Agung Baing Yusuf sebagai salah satu Sentral peningkatan perekonomian di Kabupaten Purwakarta. Dengan banyaknya pengunjung yang ikut berziarah ke makan Syeh Baing Yusuf yang kebetulan makamnya belakang Masjid sehingga para pengusaha "home industri" Makanan terutama makanan khas yaitu " Simping" Semakin bertambah omzetnya. Diharapkan  Masjid saat ini terus berinovasi berkembang menjadi pusat peradaban bagi masyarakat Kabupaten Purwakarta.

img-20200308-190939-5e64e53c097f36395b048162.jpg
img-20200308-190939-5e64e53c097f36395b048162.jpg

Dilanjutkan sambutan sekaligus tausiyah dari Gubernur Jawa Barat, Bapak Ridwal Kamil yang menyampaikan kegiatan kunjungannya untuk bersilaturahmi dengan para alim ulama dan umaro serta masyarakat di kabupaten Purwakarta.
Dalam sambutannya beliau menyampaikan tentang menyikapi wabah korona, bahwa refleksi kita sebagai umat islam banyak cara yang bisa dilakukan dalam menyikapi wabah korona tersebut yang harus kita persiapkan diantarnya adalah  :
1. Senantiasa menjaga kesehatan tubuh kita dari penyakit yaitu meningkatkan kekebalan diri kita.
Dengan tubuh yang sehat dan kuat maka penyakit tidak akan cepat menyerang kita.
2. Menghindari kontak langsung dan menjaga kebersihan tangan. Senantiasa membasuh tangan  sebelum makan. Sebagai muslim sebenarnya dapat diaplikasikan agar senantiasa menjaga wudhu. Dalam wudhu kita senantiasa membasuh anggota tubuh kita terutama tangan hidung dan telinga. Sehingga apabila kita dapat menjaga wudu kita maka akan terjaga pula kebersihan tubuh kita.
3. Senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Terutama menyikapi "Hoax" Atau berita bohong. Hingga saat ini tidak kurang dari 120 hoax tentang korona. Kita jangan langsung men share berita2 yang belum jelas kebenarannya. Apabila kita lakukan maka kita pun sama dengan org yg menyebarkan berita bohong tsb. Jangan mencari perbedaan tapi carilah persamaan.

Kita harus bersyukur karena kita adalah umat terbuka yg diciptakan Alloh SWT

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah." (QS [3]: 110

Untuk itu sudah selayaknya kita dapat menjadi pribadi yg bisa bermanfaat bagi orang lain. 


Guna membantu meningkatkan mutu pendidikan anak Gubernur juga telah menyediakan beasiswa khusus terutama bagi para pelajar penghafal Al Quran.
Sementara dalam membantu perekonomian masyarakat yang saat ini setting terjerat oleh pinjaman dari bank "emok" Yang sangat meresahkan, Gubernur mencoba bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) memberikan pinjaman tanpa bunga dan tanpa agunan melalui Dewan Kemakmuran Masjid(DKM). Dengan demikian setiap warga akn mendapatkan pinjaman uang melalui DKM dengan syarat dia adalah jemaah Masjid tersebut.

VIDEO PILIHAN