Regional

Malayahati Berbagi

13 Januari 2018   15:39 Diperbarui: 13 Januari 2018   15:51 479 0 0
Malayahati Berbagi
Dokumentasi Pribadi

Berawal dari kegiatan hang out bareng, kumpul-kumpul, makan-makan dan obrolan ringan, lama kelamaan obrolan ringan tersebut bermuara pada sebuah gagasan, gagasan yang dirasa akan bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Dengan dasar kesamaan visi dan pemikiran akhirnya terciptalah sebuah gagasan melakukan bakti sosial. Adapun bakti sosial ini terfokus pada edukasi bagi masyarakat terkait masalah kesehatan dan kebersihan.

Desa Sukasari kecamatan Sukasari adalah tempat yang pilih untuk melakukan kegiatan ini, kenapa Sukasari? Dari sisi sosial budaya, Desa ini masih cukup kental dengan nuansa pedesaan yang ramah terhadap pendatang, di samping itu Sukasari secara geografis letaknya sedikit jauh dari pusat kota Purwakarta, sehigga dimungkinkan informasi-informasi penting akan sedikit terlambat sampai di wilayah ini, termasuk informasi tentang arti penting kesehatan serta kebersihan.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Kegiatan yang diinisiasi oleh beberpa rekan dengan berlatar belakang profesi, dari kalangan dokter, dosen, Pegawai swasta dan pemerintahan serta penggiat sosial lainnya ini menitik beratkan pada pembinaan warga masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan yang tentu akan berdampak pada kesehatan diri serta lingkungan sekitar. 

Berbagai pengetahuan serta penyuluhan-penyuluhan kesehatan dilakukan, mulai dari bagaimana penanganan sampah rumah tangga, pola makan yang sesuai dengan kebutuhan gizi, kesehatan anak dan lain-lain.

Harapan kami sebagai penggagas acara bakti sosial ini, adalah semakin meningkatnya kesadaran warga terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta berupaya menyadarkan warga masyarakat bahwa menjaga kebersihan diri serta kebersihan lingkungan sekitar adalah sebuah kebutuhan. 

Sehingga kedepannya, tidak ada lagi warga yang membuang sampah sembarangan, membiarkan sumber-sumber penyakit di lingkungannya, serta mulai mengubah pola hidup yang dianggap tidak sehat.

Acara bakti sosial ini terselenggara berkat peran serta para aktifis sosial, yang didukung penuh oleh Pemerintah setempat (Kecamatan Sukasari), para guru Sekolah Dasar Kertamanah, Kick Andy Foundation serta HINO.

Pada kesempatan ini Camat Sukasari Jaya Pranolo, S. STP, MSi mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga yang terlibat, serta kepada penyelenggara kegiatan bakti sosial ini, beliau berpesan agar warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan guna terciptanya lingkungan bersih dan generasi yang sehat.

Dokumentasi Pribadi
Dokumentasi Pribadi
Penyelenggara kegiatan juga sangat berterimakasih atas dukungan serta antusiasme warga dalam mengikuti acara ini, ucapat terima kasih juga disampaikan kepada seluruh pihak yang telah berperanserta dalam kegiatan ini, Camat Sukasari, Guru Sekolah dasar Kertamanah, Kick Andy Foundation serta HINO.

Semoga kegiatan seperti ini bisa dapat secara berkesinambungan dan semoga bermanfaat bagi warga masyarakat.

Amiin.