Mohon tunggu...
ikhsan bang haji
ikhsan bang haji Mohon Tunggu... Lainnya - adalah seorang pegawai desa di Desa Wanayasa

Menyukai menulis dan concern terhadap pemerintahan desa dan gerakan belanja di warung tetangga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Dedi Mulyadi: Hobi Tak Sama dengan Pencitraan

27 September 2017   12:55 Diperbarui: 27 September 2017   13:41 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

(Sebuah Catatan Kecil Bupati Purwakarta)

"Keliling kampung dan menyapa warga adalah kebiasaan saya sejak dulu, bahkan semenjak saya menjadi Anggota DPRD Kabupaten Purwakarta, tak jarang saya menginap di rumah warga"

Itu sekitar 15 Tahun lalu, dimana saya bukan siapa-siapa sama seperti hari ini saya masih tetap bukan siapa-siapa. 15 Tahun lalu sama sekali tak terbayang sedikitpun tentang apa yang disebut pencitraan, bahkan terfikir mencalonkan diri pada jabatan apapun tidak sama sekali. Zaman itu tak ada media sosial, kita tak mengenal Facebook, Instagram, twitter dan lain sebagainya. Lalu bagaimana mungkin kebiasaan dan hobi saya disebut pencitraan?

Tetapi dapat difahami karena dinamika politik saat ini berpadu dengan kemajuan teknologi serta kebiasaan para pejabat yang memang sengaja mengekspose segala ragam kegiatannya dengan tujuan salah-satunya untuk dikenal dan mungkin sebagian diantaranya ada hasrat ingin dipuji. Beribu maaf saya katakan tidak untuk diri saya, saya sepenuhnya sadar dan mengakui bahwa segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Sama sekali tidak menjadi masalah tentang penilaian publik atas apa yang saya lakukan selama ini, tentang kebiasaan, tentang hobi dan kebutuhan saya sebagai pemimpin untuk selalu merasa dekat dengan rakyat, bukan hanya dekat tetapi kebutuhan saya adalah untuk dapat selalu hadir di tengah-tengah mereka. Mendengar keluh kesah mereka, mendengar curhatan mereka dan berupaya membantu mencarikan solusi serta menyerap berbagai aspirasi mereka. Sungguh indah hidup ini jika senantiasa dapat berada ditengah mereka. Karena sejatinya saya memahami dan menyadari bahwa saya tiada beda dengan mereka. Adapun apa yang diamanahkan Allah kepada saya sebagai Bupati Purwakarta, hanya sebagai sebuah upaya untuk berbakti kepada masyarakat melalui kebijakan-kebijakan yang dibuat Pemerintah Daerah.

Saya sama sekali tidak terganggu dengan berbagai tuduhan, isu bahkan fitnah sekalipun, mengenai apa yang selama ini saya kerjakan sebagai salah satu tugas saya sebagai pemimpin yang orang kemudian menilainya sebagai sebuah pencitraan, saya tidak masalah. Faktanya, alhamdulillah dalam catatan saya tidak kurang dari 1.000 anak di Jawa Barat yang berubah nasibnya karena kehendak Allah dan mungkin, mungkin saya adalah salah satu perantara yang dipercaya-Nya.

sekali lagi, kebahagiaan saya adalah berbahagia ketika melihat saudara-saudara saya berbahagia. Lalu sebagai konsekwensi seorang pemimpin daerah, jika suatu saat pada suatu kesempatan diri saya harus berkorban dan dikorbankan untuk kepentingan rakyat banyak, saya adalah pemimpin yang siap untuk itu.

Hari ini, saya disebut-sebut sebagai salah satu bakal calon Gubernur Jawa Barat, mohon digaris bawahi bahwa yang menyebutkan demikian adalah bukan saya secara pribadi namun media dan mungkin juga publik secara umum. Sampai hari ini saya tidak pernah mendeklarasikan apapun tentang itu. Biarkan publik yang menilai, biarlah nanti Partai yang menentukan tentang itu, lebih jauhnya lagi semua telah tertulis dalam buku taqdir saya. Apapun kemungkinan dapat terjadi dan saya sebagai makhluk tentu harus tunduk dan patuh pada ketentuan-Nya. Saya haruslah siap dan insya Allah saya siap.

Lalu sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, saya katakan pada seluruh jajaran pengurus serta kader Partai Golkar Jawa Barat untuk senantiasa menjaga soliditas dan menghindari pergolakan internal apapun penyebabnya. Saya memahami kecintaan kader terhadap Partai ini begitu tinggi dan saya meminta agar kita selalu megelola energi kecintaan terhadap Partai ini terkelola dengan baik. Sebagai pucuk pimpinan Partai Golkar di Jawa Barat, saya tidak menghendaki ada pihak-pihak lain yang mencoba menyulut gejolak serta menuai berkah dari gejolak itu.

Saat ini saya masih menjabat sebagai Bupati Purwakarta, mohon maaf saya sepertinya tidak dapat menanggapi terlalu jauh hal-hal yang tidak terlalu penting serta beribu maaf prioritas saya saat ini adalah menyelesaikan tugas saya untuk berbakti pada warga masyarakat Purwakarta. Jadi siapapun yang mencoba merusak konsentrasi bekerja saya sepertinya butuh energi lebih besar lagi untuk dapat membuat saya terganggu.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun