Mohon tunggu...
Ikhlas Prasongko
Ikhlas Prasongko Mohon Tunggu... Administrasi - IT/Pendaki/Fotografer

Penikmat kata/gambar/nada

Selanjutnya

Tutup

Hobby Artikel Utama

Bahagia Suami: Istri yang Memahami Hobi

17 September 2022   21:45 Diperbarui: 21 September 2022   13:04 377 18 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi: suami hobi motor. (sumber: g-stockstudio via kompas.com) 

Hai pemuda.. jika saat pacaran sering berantem tentang hobimu, putusin saja. Cari yang lain.!!! Tapi inget ya.. selama hobimu itu bukan hal yang negatif dan tidak menjadi candu.

Apa yang akan terjadi jika pacaran yang seperti itu berlanjut sampai ke jenjang pernikahan? Ada 2 hal yang bisa terjadi.

Pertama, suami bisa berubah dan bisa menjadi menjadi orang lain. Dia tidak lagi menjadi seorang lelaki seutuhnya seperti yang sebelumnya dikenal oleh orang-orang disekitarnya.

Ada istri yang tidak sadar jika pria yang dia pilih menjadi pasangannya terbentuk dari lingkungan, perilaku & kebiasaan yang dijalani sudah bertahun-tahun sebelum dia mengenalnya. 

Saat pacaran yang dilihat adalah hal yang baik-baik  yang bisa jadi hal yang baik-baik itu tumbuh dari lingkungan dan kebiasaan yang sudah lama. Salah satu kebiasaan itu bisa terbentuk dari hobi yang selama ini dijalani.

Berlanjut setelah menikah, istri akan melihat mengenal lebih banyak dengan kebiasaan suami yang sesungguhnya dan tidak semua kebiasaan itu bisa diterima oleh istri. 

Oleh karena sesuatu hal dan biasanya karena beda dalam menentukan skala prioritas, ada istri yang akhirnya melarang hobi suami. Ini yang tidak disadari sebagian istri. Ibarat mengambil buah tapi dengan memotong dahannya. Suami merasa ada bagian dalam dirinya yang hilang.

Seperti suami yang awalnya hobi fotografi, setelah menikah tidak bisa meneruskan hobinya karena istri keberatan. Suami tidak bisa lagi meninggalkan rumah untuk hunting foto. Istri mungkin hanya melihat fotografi hanya soal jepret sana jepret sini. 

Padahal ada nilai-nilai yang harus didalami dalam dunia fotografi seperti keseimbangan, harmoni, komposisi dan nilai-nilai estetika lainnya. 

Nilai-nilai itu yang mengejawantah dalam kehidupan sehari-hari dan hal itu juga berperan dalam membentuk pribadi yang akhirnya dipilihnya menjadi pasangan hidup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan