Mohon tunggu...
Ike Rachmayanti
Ike Rachmayanti Mohon Tunggu... Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Allah sesuai prasangka hambanya

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup

Penanganan Kecanduan Game Online dengan Konseling Behavioral Teknik Modelling

8 Desember 2019   18:25 Diperbarui: 8 Desember 2019   18:45 80 0 0 Mohon Tunggu...
Penanganan Kecanduan Game Online dengan Konseling Behavioral Teknik Modelling
DOKPRI

Halo temen-temen, udah mabar belom ? wkwk

Hari gini siapa sih yang ga ngerti kata "mabar" ? pasti udah pada ngerti semua kan.. Mabar adalah singkatan dari main bareng, Dalam hal ini mabar sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan oleh seseorang untuk mengajak orang lain bermain game secara bersama-sama. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dewasa pasti tidak asing dengan kata mabar. Apalagi di kalangan yang sudah addict terhadap game. Mabar bisa jadi menjadi sebuah kewajiban, sampai-sampai bisa juga loh menjadi sebuah kebutuhan. Kalau sudah menjadi kebutuhan apakah bisa dikatakan seseorang tersebut kecanduan ?? untuk lebih jelasnya kita bahas bareng-bareng yuk teman-teman..

Game Online

Pada era 4.0, teknologi yang berkembang semakin pesat dan semakin canggih. Contohnya dalam dunia game, game online pun semakin hari semakin banyak peminatnya. Berbagai perusahaan  besar game di dunia berlomba-lomba untuk menarik perhatian pengguna game untuk memainkannya. Lalu apasih game online itu ?

Pengertian dari game online sendiri adalah, sebuah permainan video game yang menggunakan suatu jaringan internet untuk bisa memainkannya. Game online sendiri banyak sekali macamnya, semua orang bisa dengan mudah mendapatkan akses melalui playstore ataupun googleplay. Saat ini game online sangat digemari di kalangan anak-anak, remaja dan juga dewasa karena pada game ini efek-efek visual yang ditampilkan sangatlah menarik perhatian, sehingga tidak heran jika anak-anak sangat menikmati saat bermain game dan juga mendapatkan hiburan tersendiri.

Pasar dari game online cukup beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa berusaha untuk dijamah. Kalangan pelajar, mahasiswa hingga yang sudah bekerja tak lepas dari pantauan perusahaan game-game di dunia ini. Namun usia remaja yang merupakan sasaran utama dalam pasar ini. Sehingga tidak sedikit dari mereka yang mulai ketergantungan atau kecanduan terhadap game online yang ada di gadged ataupun di PC.

Menurut seorang remaja, bermain game adalah salah satu cara untuk mengurangi strees atau bosan setelah seharian berjibaku dengan tugas sekolah maupun kegiatan lainnya atau sekedar mengisi waktu luang. Sehingga seorang pemain game pemula atau yang lebih dikenal dengan  sebutan newbie akan merasakan adanya dampak positif setelah ia bermain game karena seorang pemula akan bermain game hanya dengan tujuan have fun tanpa memikirkan kalah menang dan akan bermain secukupnya karena kembali lagi ke tujuan awal mereka bermain game just for fun.

Namun hal lain akan datang, seiring berjalannya waktu remaja-remaja pemula ini akan merasakan kepuasan tersendiri setelah mereka memenangkan permainan, atau menyelesaikan sebuah misi dan mendapatkan reward berupa kemenangan. Mereka akan semakin tertantang untuk menyelesaikan level setelahnya dan selalu penasaran untuk bermain lagi dan lagi.

Kenapa penasaran ?? Karena game tersebut akan selalu memberikan reward setelah seseorang berhasil menyelesaikan level sebelumnya dan naik level selanjutnya. Jadi, disini ada penguatan yang diberikan kepada seseorang yang berhasil memenangkan game tersebut, sehingga timbullah motivasi-motivasi untuk memaikannya lagi dan lagi. Tidak hanya itu saat mereka kalah mereka tidak akan mendapat apa-apa dan dari hal itu juga dapat membuat seorang pemain game akan berusaha untuk mengasah skil-skil bermainnya dan mendapatkan reward seperti teman-temannya yang telah berhasil.

Fase Kecanduan

Seseorang bisa dikatakan kecanduan game, jika memainkan game tersebut secara berlebihan atau seseorang tersebut menganggap game yang ada di gadgednya adalah segalanya dan tidak ada hal lain yang ingin dilakukan selain bermain game, game, dan game.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x