Mohon tunggu...
Ikbal MujamilHamdan
Ikbal MujamilHamdan Mohon Tunggu... Mahasiswa uin maulana malik ibrahim malang

Pengen santai ajah

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Bertemanlah dalam Berbahasa

3 Desember 2019   21:57 Diperbarui: 3 Desember 2019   21:58 0 0 0 Mohon Tunggu...

Belajar bahasa terutama Bahasa Arab adalah suatu keharusan bagi setiap Mahasiswa yang masuk ke dalam jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Namun dalam kenyataannya, tidak semua waktu seorang mahasiswa bisa terus menerus memiliki semangat yang sama dalam berbahasa. Terkadang seorang mahasiswa bisa tidak memiliki sedikit pun semangat karena berbagai tekanan ketika belajar bahasa tertentu.

            Keadaan seperti ini jika dibiarkan bisa terus berlarut hingga sampai pada kondisi dimana seorang mahasiswa merasa bahwa dia telah salah masuk pada jurusan yang telah diambilnya. Hal ini pun terjadi pada sebagian teman yang masuk pada jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Malang. Lalu adakah cara tertentu yang bisa membantu teman-teman jurusan PBA untuk mengatasi keadaan seperti ini ?.

            Salah satu solusi yang patut dicoba adalah mencari motivasi eksternal untuk tetap terus memupuk semangat pada dirinya. Motivasi itu bisa dicari dengan cara mencari teman yang memiliki tujuan yang sama dalam belajar Bahasa Arab. Karena dengan memiliki tujuan yang sama, temannya akan terus memotivasi agar kebuntuan itu hilang. Lalu dimanakah tempat yang paling tepat untuk meendapatkan teman yang memiliki tujuan bersama itu,tertutama dalam belajar Bahasa Arab ?

            Tentu, tempat itu adalah sebuah komunitas. Setiap komunitas didirikan selalu dengan satu tujuan yang ingin dicapai. Karena memiliki tujuan, mereka akan berusaha untuk mencapai tujuan tersebut dengan berbagai langkah yang akan membantunya untuk mencapai tujuan tersebut. Langkah-langkah itu sendiri bisa berupa program yang mereka adakan di lingkungan mereka sendiri atau pun di luar lingkungannya yang akan mampu membantu tercapainya tujuan tersebut.

            Salah satu komunitas yang bisa diikuti untuk meningkatkan kemampuan berbahasa khususnya Bahasa Arab adalah komunitas Al-kindy. Komunitas ini sendiri dibentuk agar menjadi wadah bagi mahasiswa PBA agar bisa mengembangkan bakatnya dalam maharah-maharah menggunakan Bahasa Arab. Selain itu, Komunitas ini juga menjadi wadah bagi para mahasiswa agar bisa mengikuti berbagai lomba yang masih berkaitan dengan Bahasa Arab. Banyak lomba bisa diikuti, mulai dari Khitobah, Mnadzarah Ilmiah, Syiir dan lainnya yang jika ditekuni bisa membantu mengembangkan bakat dalam berbahasa.

            Namun, bukan itu poin penting yang bisa dibahas tentang pentingnya sebuah komunitas. Dengan bergabung dengan komunitas seperti Al-kindy, para mahasiswa bisa menemukan mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih dari dirinya sehingga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa. 

Selain itu, teman-teman di Al-kindy juga tidak akan tinggal diam ketika ada temannya yang mulai berkurang motivasinya dengan berbagai masalah yang dihadapinya. Mereka pasti akan membantu dan menyemangati sehingga tidak ada lagi anggotanya yang berhenti mengikuti setiap kegiatan yang ada di komunitas tersebut.

            Sekarang permasalahan sudah bukan ada pada diri komunitas atau pun permasalahan kekurangan teman lagi. Masalahnya selalu ada pada diri kita sendiri yang terlalu egois sehingga tidak mau masuk pada ruang lingkup kegiatan yang ada di komunitas itu sendiri. 

Kita sendiri yang terkadang membatasi diri kita sendiri dengan beri-ribu alasan yang pada kenyataannya tidak pernah ada. Jadi kesimpulan yang bisa diambil adalah masihkah kita mau bersusah payah untuk belajar Bahasa Arab sendiri dengan kemungkinan kehilangan semangat yang begitu tinggi atau kita bisa memilih untuk berteman dengan mereka yang mencintai Bahasa Arab dan mau terus berkembang dalam kebahasaaraban. Untuk itu, mulai sekarang, bertemanlah ! ingat anda tidak hidup sendiri di dunia ini.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x