Mohon tunggu...
IKA WIDIA
IKA WIDIA Mohon Tunggu... UIN MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG

Ika Widia Astuti_Widya Ayqiarara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Identitas Nasional Titik Pemersatu

19 Februari 2020   22:41 Diperbarui: 19 Februari 2020   22:44 426 0 0 Mohon Tunggu...

Identitas nasional suatu bangsa menjadi ciri pembeda antar bangsa, termasuk indonesia sebagai negara kepulauan yang terdiri dari 1.128 suku, 726 ragam bahasa, dan 17.504 pulau. Indonesia berlandaskan pancasila sebagai ideologi dasar negara, menjadi salah satu pemersatu negara Indonesia yang mana pancasila sebagai identitas nasional memiliki nilai kesaktian yang dapat memersatukan Indonesia. Indonesia memiliki ciri dan wadah religius, humanis, nasionalis, demokratis, dan mengutamakan kesejahteraan rakyat.

Identitas nasional adalah jati diri suatu bangsa yang menjadi ciri khusus pembeda dengan bangsa lain yang mana tidak hanya karakter individu yang menjadi pembeda melainkan semua unsur kenegaraan dalam berbagai aspek kehidupan. Di Indonesia identitas nasional yang paling menonjol adalah pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Di era globalisasi masa milenial saat ini, identitas nasional sangat dibutuhan sebagai alat pemersatu bangsa yang mana pada prinsipnya identitas nasional terbentuk karena adanya tujuan dan fungsi, meiputi sebagaui alat pemersatu bangsa, sebagai pembeda dengan bsngsa lain, sebagai landasan negara dalam tiap tindakan yang di ambil. 

Suatu bangsa yang berkembang adalah bangsa yang mampu memertahankan nilai-nilai bangsa, sebagai bangsa yang majemuk Indonesia adalah bangsa yang terbentuk dari beberapa aspek, di dalamnya terdapat unsur-unsur yang menjadi pemerstu bangsa Indonesia.

Malang

Rabu, 19 Februari 2020

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x