Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi
Dalam penerapan pembelajaran berdiferesiasi juga diperlukan strategi untuk melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dan mencapai tujuan pembelajaran. Diferensiasi konten, proses dan produk dapat diintergasikan pada langkah-langkah strategi pembelajaran. Penggunaan strategi bertujuan untuk memberi motivasi dan membuat peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Beberapa strategi pembelajaran yang dapat diintegrasikan dengan pembelajaran berdiferensiasi adalah Project Based Learning dan Small Group Discussion.
Project based learning adalah strategi pembelajaran yang memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan suatu projek dengan menghasilkan produk. Integrasi Project based learning dengan pembelajaran berdiferensiasi adalah membebaskan kelompok membuat produk sesuai keinginan mereka namun tetap mengacu pada tujuan pembelajaran yang sama, tugas yang beragam dalam kelompok agar semua peserta didik dapat turut berpartisipasi dalam projek ini. Dalam Small Group Discussion peserta didik mmebentuk kelompok kecil untuk berdiskusi.Â
Penerapan small group discussion dengan prinsip diferensiasi disini dilakukan dengan memberikan topik diskusi yang beragam untuk masing-masing kelompok. Semua peserta didik mendapatkan tanggung jawab yang berbeda-beda seperti menjadi ketua, sekretaris, pelapor, mengatur tempat duduk, ruangan, sarana, dan sebagainya namun tetap untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sama.
Dengan pemahaman tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi ini, dapat membantu guru untuk merencanakan pembelajaran berdiferensiasi dengan menggunaakan strategi pembelajaran dengan dintegrasikan dengan aspek-aspek pembelajaran berdiferensiasi konten, proses dan produk dengan tujuan mengakomodir kebutuhan peserta, membuat pembelajaran lebih efektif dan meningkatkan keaktifan peserta didik.