Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

Buku, musik, film, jalan-jalan, dan kulineran.

Selanjutnya

Tutup

Music Artikel Utama

Ke Mana Perginya Josh Klinghoffer Usai Dipecat Red Hot Chili Peppers?

22 Juni 2022   08:41 Diperbarui: 25 Juni 2022   13:13 1236 22 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Josh Klinghoffer bersama Eddie Vedder di Global Citizen VAX LIVE | sumber : www.radiox.co.uk

Banyak yang menyayangkan kepergian Josh Klinghoffer dari Red Hot Chili Peppers (RHCP) setelah 10 tahun ia bergabung dengan grup funk itu.  Saya, tidak!  Biarlah John Frusciante kembali ke pelukan bandmates-nya karena inilah saatnya bagi Klinghoffer untuk bersenang-senang dengan kemulti-instrumentalisannya, halah.

Sebagai gitaris yang menggantikan Frusciante, Klinghoffer merasa tak nyaman ketika ikut dilantik ke dalam "Rock and Roll Hall of Fame" sebagai anggota RHCP pada tahun 2012 silam.

Ya, ia merasa gak pas bahwasannya baru saja terlibat dengan RHCP selama 2 tahun terakhir namun sudah ikut dilantik bersama mendiang Hillel Slovak dan John Frusciante sedangkan Dave Navarro dan Jack Sherman tidak.

Kala itu, di usianya yang baru 32 tahun Klinghoffer menjadi personil band termuda yang dilantik sepanjang sejarah "Rock and Roll Hall of Fame" sebelum kemudian diambil alih oleh drummer Nine Inch Nails, Illan Rubin.

Klinghoffer merupakan musisi serba bisa. Ia belajar bermain drum sejak usia 9 tahun dan menekuni gitar serta keyboard saat usia remaja yang membuatnya tak ingin meneruskan pendidikan formalnya.  

Pada usia 17 tahun ia bergabung dengan band alternatif rock bernama "The Bicycle Thief" yang didirikan oleh Bob Forrest dan menghasilkan sebuah album bertajuk "You Come and Go Like a Pop Song."

Saat berada di band inilah, Klinghoffer bertemu John Frusciante dan The Bicycle Thief pun sempat menjadi band pembuka tur RHCP, "Californication."

Klinghoffer ikut serta mengerjakan proyek musik solo Frusciante yang rilis tahun 2004 berjudul "Shadows Collide with People."  Setalah itu, masih dengan Frusciante, ia bergelung dengan band bernama Ataxia, di mana mereka merilis album berjudul "Automatic Writing" dan "AW II."

Pada tahun 2002 ia bergabung dengan band indie rock asal Nevada bernama Golden Shoulders yang diketuai oleh Adam Klaine dan berhasil merilis dua album masing-masing bertajuk "Let My Burden Be" dan "Friendship is Deep."  Dalam band yang personilnya seabreg dan bermain secara rotasi ini, ia memainkan gitar, bass, drum, organ, mellotron, dan synthesizer.

Pria yang kini berusia 42 tahun ini pun sempat menjadi personil turing untuk duo soul CeeLo Green dan Danger Mouse, Gnarls Barkley.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan