Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Gemar Menyantap Sate Cecek ala Angkringan? Ini Resepnya!

26 Oktober 2021   18:50 Diperbarui: 26 Oktober 2021   18:54 199 35 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Angkringan Lik Man | Jogjakita.co.id.

Selalu menarik berbicara tentang tokoh revolusioner bernama Ernesto "Che" Guevara. Ya, bahkan setelah lebih dari setengah abad sejak kematiannya di tangan tentara Bolivia, namanya masih menebarkan rasa kekiri-kirian dalam banyak jiwa kawula muda yang haus akan perlawanan.

Che, panggilan sederhana nan ikonik dari tokoh gerilyawan Kuba satu ini berasal dari bahasa Indian Guarani yang merupakan salah satu sapaan akrab seperti "Hai."

Pria yang wajahnya telah menjadi simbol perlawanan dalam gerakan kontra-kebudayaan dan budaya populer itu pun resmi memakai nama Che ketika menanggalkan kewarganegaraan Argentina untuk menjadi warga negara Kuba.

Sapaan Che ini kerap dipakai oleh teman-temannya yang asal Kuba saat mereka ada di Meksiko dengan status sama-sama pelarian.

Nah, kalo ingat nama Che saya kok jadi kepikiran dengan che yang lain alias chechek eh cecek yang kulit sapi itu loh. Yawlaa monmaap, sungguh ilmu cocokology saya sedang berada di level yang sangat mengkhawatirkan.  

Sebelum membahas lebih lanjut cecek sapi lebih baik saya mau sayonara goodbye dulu dengan Senor Che.

Hasta La Victoria Siempre!
Sampai kemenangan abadi nanti!

Oke deh kakak, sekarang saatnya membahas cecek sapi yang enak dijadikan olahan sate cecek ala angkringan.  Etapi, apa sih angkringan itu?

Dilansir dari Kagama.co, Istilah angkringan sendiri berasal dari bahasa Jawa "angkring" yang artinya alat atau tempat jualan makanan keliling berbentuk melengkung ke atas dan digunakan dengan cara dipikul.  Selain dipikul,  angkringan juga ada yang berbentuk gerobak dorong.

Dulu, saat ke Jogya, saya pernah lah nangkring tipis-tipis di angkringan untuk sekedar menikmati nasi kucing dan teman-temannya.  Nah, salah satu lini sajian yang ada di angkringan itu adalah persatean seperti sate telur puyuh, sate usus, sate jeroan, sate kerang, dan tentu saja sate cecek.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan