Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Salad, Cara Enak Makan Sayuran

23 Juni 2021   20:51 Diperbarui: 28 Juni 2021   17:01 562 42 15 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Salad, Cara Enak Makan Sayuran
Dokumen Pribadi

Saat saya masih berenang-renang di zaman kegelapan, makan salad itu adalah kemewahan. Betapa tidak, untuk memakan sajian sayuran yang diberi dressing itu setidaknya harus pergi ke salah satu restoran pizza. Namun kini lain soal, salad banyak dijumpai dimana-mana termasuk di lapak-lapak kaki lima.

Tak hanya sayuran, bahan dasar salad pun kini lebih bervariasi seperti buah, jeli, bahkan daging-dagingan.  Resep-resep salad yang lebih rumit pun banyak ditemukan berdasarkan tempat dan waktu. Dari Russian salad, salmagundi sampai chef's salad.

Dulu, makanan ini sangat populer di kalangan orang Romawi dan Yunani. Olahan yang mereka konsumsi memiliki rasa asin dan berminyak, itulah sebabnya disebut salad, merujuk pada kata berbahasa latin 'sal' yang berarti asin/garam.  Ya, kala itu garam kerap dijadikan bahan dasar saus bersama minyak dan cuka. Namun, menurut para ahli sejarah makanan, salad didefinisikan sebagai campuran sayuran dan saus.

Kata 'sal' kemudian muncul dalam bahasa Perancis kuno sebagai salade sedangkan dalam bahasa Inggris menjadi salad atau sallet. Sajian salad ini pun mengalami kejayaannya sebagai menu orang-orang Eropa di abad pertengahan dan di era renaisans Italia.  Nah, baru pada abad ke-19, salad dikenal di Amerika.

Hidangan salad pada awalnya berupa sayuran mentah namun di Amerika mereka menambahkan lobster atau ayam.  Seiring dengan berkembangnya zaman salad Amerika pun berubah menjadi olahan berbagai jenis bahan makanan kecuali roti dan kue.  Nah, karena tampilan salad yang terdiri dari berbagai macam jenis bahan makanan ini terlihat berantakan maka beberapa ahli masak mengunci salad di dalam agar-agar.

Salad kerap dianggap sebagai makanan perempuan karena rendah kalori sehingga dapat menjaga bentuk tubuh tetap langsing.

Salad menjadi sangat lezat bila dihidangkan bersama dressing yang tepat.  Salad dressing merupakan sejenis cairan, baik yang belum atau sudah dikentalkan dengan cita rasa asam dan tajam.

Ada 3 jenis salad dressing yang dikenal selama ini yaitu :
1.  Vinaigrette, terdiri dari salad oil, cuka, garam, merica, dan gula yang kadang ditambah bawang putih dan berbagai macam herbs.
2.  Creamy dressing, berbahan dasar mayones yang ditambah yoghurt dan susu.  Saus Thousand Island dan ranch dressing termasuk ke jenis ini.
3.  Cooked dressing, mirip dengan creamy dressing namun ditambah kuning telur dan dimasak sebentar sehingga teksturnya lebih kental.

Di pasaran, salad biasanya dijajakan dengan harga yang relatif mahal, baik salad sayur maupun salad buah, namun jangan berkecil hati karena kita bisa membuat olahan ini dengan modal yang gak bakalan bikin dompet kicep.

Kali ini saya akan menjembrengkan resep salad sayur ekonomis.  Walaupun bahan dasarnya berupa sayuran namun salad dapat tampil enak, baik dipandang maupun dimakan.

Resep Salad Sayur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN