Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Musik Artikel Utama

Menelisik Sepak Terjang 6 Gitaris Pengusung Musik Tema "Game of Thrones" Versi Gitar Rock

1 September 2020   15:41 Diperbarui: 4 September 2020   12:05 328 21 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Menelisik Sepak Terjang 6 Gitaris Pengusung Musik Tema "Game of Thrones" Versi Gitar Rock
Brad Paisley, Nuno Bettencourt, Tom Morello, Scott Ian and Ramin Djawadi | Ilustrasi: Fender

Sampai jilid eh musim ke-8 yang dipenuhi kerutan kening para penggemarnya, serial drama fantasi Game of Thrones (GoT) belum pernah saya lihat barang setitik pun, heuheu.

Namun biarpun belum nonton filmnya, saya sedikitnya familiar lah dengan musik temanya.  Ramin Djawadi sebagai music composer GoT gape banget menerjemahkan kisah berdasarkan buku "A Song of Ice and Fire" karangan George R.R. Martin itu ke dalam jalinan nada nan solid dan menggetarkan gendang telinga para pendengarnya.

Saking terkenalnya film yang telah ditonton oleh jutaan pasang mata baik secara legal maupun ilegal itu membuat beberapa merek barang menelurkan varian produk yang terinspirasi dari musim terakhir serial drama fantasi tersebut.

Ya, setelah Adidas dan Oreo, tahun 2019 kemarin giliran merek gitar ternama Fender bekerjasama dengan HBO merilis 3 model gitar buatan tangan versi GoT yang harganya dibandrol di kisaran 400 juta rupiah. Woow, jiwa misqueen ku menjerit, kakak!

Ketiga gitar itu berjuluk Koleksi Game of Thrones Sigil yang di dalamnya terdapat varian Game of Thrones House Stark Telecaster,  House Lannister Jaguar, dan House Targaryen Stratocaster.

Ilustrasi: Loudwire
Ilustrasi: Loudwire
Kali ini saya ngga bakalan ngomongin trio alat musik petik itu lha wong dunia saya hanya sebatas sutil dan panci presto je, namun saya mau ngerumpiin enam gitaris yang dicomot Fender untuk melakukan demo gitar dengan membawakan musik tema Game of Thrones.

Tet tet tereret tet tetet.

Gitar House Stark Telecaster yang mengaplikasikan bulu serigala imitasi untuk case-nya dimainkan oleh gitaris band Trash Metal Anthrax, Scott Ian. Tele sendiri menghasilkan suara unik yang tak memerlukan banyak efek.

Walaupun ayah satu putra itu tidak melakukan solo gitar di demo ini namun permainannya yang konsisten dan stabil menunjukkan bahwa gitaris yang pernah menulis 2 episode komik keluaran Marvel ini memang jawara di kelasnya.

Pria berusia 56 tahun itu kini menjadi satu-satunya anggota tersisa dari band thrash metal Anthrax yang didirikan pada tahun 1981 silam.

Walaupun Scott banyak menggunakan gitar Jackson dan Gibson di sepanjang karir bermusiknya namun ia tetap nongol  untuk mendemonstrasikan jenis gitar yang kerap dimainkan oleh Jonny Greenwood dan Graham Coxon itu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x