Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya

penyuka musik, buku, film dan kerajinan tangan.

Selanjutnya

Tutup

Thrkompasiana Pilihan

Cara Mudah dan Cepat Membuat Ketupat

23 Mei 2020   21:58 Diperbarui: 23 Mei 2020   21:54 40 13 6 Mohon Tunggu...

Seorang teman berkata bahwa lebaran tahun ini ia berketetapan hati untuk tidak membuat ketupat.  Bukan karena lebarannya harus di rumah saja namun karena malas memasak ketupatnya."Masak ketupat itu lama."  Begitu katanya.

Ya bagi beberapa orang membuat ketupat itu membutuhkan waktu lamaaa dan panjaaang apalagi kalau rangkanya harus bikin sendiri.  Coba bayangkan, naik pohon kelapa, menganyam, mengisinya dengan beras, dan merebus, heuheu.

Nah, merebus ketupat biasanya membutuhkan waktu berjam-jam maka tak heran rupanya apabila  tetangga saya merebus ketupatnya pakai kayu bakar karena takut tabung elpijinya langsung kosong glondangan.

Tapi sebenarnya membuat ketupat itu gampang dan gak pake lama asalkan memakai panci multiguna kesayangan kita semua yaitu panci presto.

Hanya dengan waktu yang sesingkat-singkatnya ketupat pun dapat matang dengan sempurna.

dokpri
dokpri
Caranya mudah saja.

Siapkan cangkang ketupat.  Cuci bersih beras.
Ambil cangkang ketupat, isi dengan beras sampai 3/4 bagiannya.  Masukan ke dalam panci presto, beri air sampai melebihi permukaan ketupat.  Masak dengan api besar, bila sudah berdesis kecilkan api.  Masak selama 7 menit lalu matikan api.  

Diamkan panci presto sampai uapnya keluar semua, buka tutupnya dan taraaa ketupat pun sudah dapat dihidangkan.

Mudah dan cepat bukan?

Ketupat pun siap disantap bersama opor ayam dan acar.



Sekian.

VIDEO PILIHAN