Mohon tunggu...
Ika Septi
Ika Septi Mohon Tunggu... Lainnya - Lainnya

Penyuka musik, buku, kuliner, dan film.

Selanjutnya

Tutup

Music Pilihan

Antara Jerry Lewis, Bapak, dan Beberapa Lagu Dean Martin

14 April 2020   18:23 Diperbarui: 14 April 2020   18:36 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Vanity FairDean Martin dan Jerry Lewis (spokesman.com)

Salah satu penghiburan saat karantina mandiri seperti sekarang ini adalah menonton televisi.  Tapi karena gak punya saluran tivi kabel atau piringan parabola segede gaban maka saya hanya bisa menonton siaran yang ada di channel tivi saya, lha ya mosok tivi tetangga. Tapi nonton tivi zaman now itu bikin bingung juga. Lihat berita lha malah jadi setres tingkat dewa, lihat sinetron gak terlalu suka, lihat film imporan eh diulang-ulang sampai bikin mata juling dibuatnya. Jadi bukannya menghibur hati yang merana, acara tivi malah bikin emosi jiwa.

Kalau sudah begini saya jadi terkenang-kenang dengan acara tivi zaman dulu, dimana saya bisa menikmati film-film komedi barat, salah satunya adalah filmnya Jerry Lewis.

Iyak, saya adalah salah satu penggemar komedian kocak berdagu belah itu. Jerry Lewis telah memberi saya pengalaman menonton film komedi yang sesungguhnya. Lewis kerap membuat saya terpingkal-pingkal sampai mengeluarkan air mata Bersama sobat duetnya yang ganteng kalem, Dean Martin.

Ah, Dean Martin. Selain dari film, saya mengenal pria bernama panjang Dino Paul Crocetti itu dari Bapak saya. Ya, Bapak saya kerap mendengarkan lagu-lagu milik pria berjuluk "The King of Cool" itu.  Beberapa lagu Martin yang kerap menyambangi telinga saya di antaranya adalah :

"Volare",  aslinya lagu ini adalah milik solois Italia bernama Domenico Modugno.  Nomor ini mengalami kesuksesan yang bertubi-tubi sampai membuat banyak musisi dari berbagai negara mengalih bahasakannya, salah satunya adalah Mitchell Parish.  Parish kemudian menyerahkannya kepada Dean Martin untuk disisipkan di album "This is Dean Martin!" pada tahun 1958 silam.  

Volareeeee wowowowow
Cantare wowowowow
Nel blu, dipinto di blu 

Felice di stare lass

Nomor kedua adalah "The Green, Green Grass of Home".  Bapak saya kerap mendengarkan lagu ini sambil duduk-duduk, ketok kuku, bersihin kuping dan hal-hal kecil lainnya.   Lagu ini awalnya dibawakan oleh Johnny Darell dengan warna musik country. Selain Martin, lagu ini telah banyak di-cover oleh beberapa solois top seperti Tom Jones, Elvis Presley, dan Johnny Cash.  

Kisah yang terbangun di nomor ini sungguh menyayat, betapa tidak seorang pria akhirnya dapat pulang ke rumah tapi hanya untuk dikuburkan di antara hijaunya rerumputan dan di bawah bayang-bayang pohon oak tua setelah dia dieksekusi di penjara.

Yes, they'll all come to see me
In the shade of that old oak tree
As they lay me 'neath the green, green grass of home

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Music Selengkapnya
Lihat Music Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun