Mohon tunggu...
Ika Maya Susanti
Ika Maya Susanti Mohon Tunggu... Penulis - Penulis lepas dan pemilik blog https://www.blogimsusanti.com

Lulusan Pendidikan Ekonomi. Pernah menjadi reporter, dosen, dan guru untuk tingkat PAUD, SD, dan SMA. Saat ini menekuni dunia kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Saat Kompasiana Memberi Surat Peringatan Bahwa Tulisan Saya adalah Plagiat

6 Februari 2022   14:20 Diperbarui: 6 Februari 2022   14:23 337
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jujur, ini kali pertama saya terkejut usai posting sebuah tulisan di Kompasiana. Biasanya dalam hitungan detik, saya sudah bisa melihat tulisan yang saya posting di bagian profil. Tapi tidak kali ini.

Jadi ceritanya, akhir-akhir ini saya memang sedang rajin posting tulisan-tulisan di blog lama yang sudah saya tutup. Saat sekarang setelah sudah punya blog baru, tulisan tersebut tidak bisa saya posting di sana.

Niche blog saya sekarang lebih ke arah tema keluarga. Sementara dulu di blog lama yang sudah dihapus itu, saya banyak memposting cerpen.

Karena sayang dari pada tulisan-tulisan tersebut mengendap di laptop, saya terpikir mempostingnya di Kompasiana saja.

Dan terjadilah kejadian itu. Saat saya memposting sebuah tulisan cerpen yang berjudul Pak Umar dan Sepeda Jengkinya, tulisan itu tidak muncul. Tak lama kemudian saya malah mendapat surat peringatan kalau tulisan tersebut adalah jiplakan.

Dalam surat peringatan itu dinyatakan bahwasanya tulisan saya diduga menjiplak, mengutip, menyalin-tempel (copy-paste) sebagian atau keseluruhan konten karya pihak lain. 

Kaget lah saya. Kok bisa tulisan saya sendiri dinyatakan seperti itu. Sementara, saya sendiri merasa tidak pernah posting cerpen ini di media lain.

Langkah yang kemudian saya lakukan adalah mencari di penelurusan Google dengan kata kunci isi cerpen saya tadi. Ternyata, ini dia biang keroknya!

Sumber foto: dokumen pribadi, screen shoot dari Google.
Sumber foto: dokumen pribadi, screen shoot dari Google.

Sementara tulisan yang pernah saya posting di blog lama, sudah sempat saya posting sebelum orang ini memposting di blognya. Ini hasil copy paste tulisan saya yang sempat saya lakukan sebelum blog itu saya tutup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun