Mohon tunggu...
Ika Maya Susanti
Ika Maya Susanti Mohon Tunggu... Penulis - Penulis lepas dan pemilik blog https://www.blogimsusanti.com

Lulusan Pendidikan Ekonomi. Pernah menjadi reporter, dosen, dan guru untuk tingkat PAUD, SD, dan SMA. Saat ini menekuni dunia kepenulisan.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pengalaman Potong Rambut Sendiri di Rumah, Ternyata Hasilnya di Luar Dugaan Lho!

1 Juli 2021   23:24 Diperbarui: 1 Juli 2021   23:41 557
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ada suatu masa di mana saya susah banget bisa ke mana-mana. Ada satu anak yang masih balita, sakit TB, dan harus benar-benar saya dampingi melulu.

Bahkan sampai akhirnya, mau ke salon pun tidak bisa.

Sementara itu, sudah sejak lama saya tidak bisa betah dengan kondisi rambut yang panjang. Model rambut saya sering di seputaran potongan rambut pendek. Tipe rambut saya memang lurus. Tidak keriting, apalagi bergelombang sedikit pun. Tapi, rambutnya sangat mudah kusut. Jika panjang sedikit saja, saya sudah kesulitan untuk menyisirnya. Efeknya, sering rambut saya jadi rontok.

Dan di saat saya tidak bisa pergi ke salon, bingung lah saya harus mencari cara bagaimana agar bisa memotong rambut. Waktu itu kondisinya rambut saya sudah sedikit melebihi bahu.

Hingga akhirnya saya memasukkan kata kunci di internet, cara potong rambut sendiri. Di saat itu baru saya tahu kalau ternyata banyak juga orang-orang yang sudah berbagi tips tentang cara memotong rambut sendiri di rumah. Mau versi video atau blog, banyak macamnya.

Nah, salah satu cara yang sudah pernah saya gunakan itulah yang akan saya bagikan kali ini di sini. Barangkali, cara ini berguna untuk mengatasi masalah susah ke salon di masa pandemi seperti sekarang ini.

Bahan yang dibutuhkan standar saja kok, hanya gunting, sisir, ikat rambut, dan cermin. Untuk gunting, usahakan benar-benar tajam ya di kedua sisinya sampai ke ujung. Karena kalau ada sedikit saja bagian sisi gunting yang tidak tajam, hal ini justru membuat potongan rambut kita malah berantakan.

Sedangkan untuk cermin, kalau bisa, gunakan dua cermin. Waktu itu saya menggunakan satu cermin besar dan satu cermin kecil yang bisa memungkinkan saya untuk diarahkan ke bagian belakang rambut.

Cara potong rambut sendiri yang saya lakukan waktu itu dari hasil melihat di internet, adalah sebagai berikut:

1. Letakkan cermin besar di depan. Untuk cermin kecil, nanti akan kita gunakan setelah memotong rambut sehingga kita bisa mengoreksi hasil potongan yang sudah dilakukan.

2. Basahi sedikit rambut kita untuk memermudah proses pemotongan rambut nantinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun