Mohon tunggu...
Ika Maya Susanti
Ika Maya Susanti Mohon Tunggu... Penulis - Guru dan penulis

Saya seorang guru dan penulis yang saat ini tinggal di Lamongan, Jawa Timur.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Belajar Mengenal dan Paham Pancasila, Ini Dia Beberapa Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan

1 Juni 2021   15:01 Diperbarui: 3 Juni 2021   13:55 499 17 10
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Belajar Mengenal dan Paham Pancasila, Ini Dia Beberapa Kegiatan Asyik yang Bisa Dilakukan
Foto: Dokumentasi pribadi

Pancasila, setiap warga negara Indonesia perlu tahu kelima sila yang ada di dalamnya. Dan seharusnya tentu saja berikut nilai-nilai di dalamnya.

Bagi saya sendiri, saya justru lebih mengenal sila-sila Pancasila adalah saat pernah didapuk untuk mengajar mata kuliah Kewarganegaraan di sebuah perguruan tinggi, dan mengajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas 5 di sebuah sekolah dasar.

Waktu itu saya berpikir, bagaimana caranya bersama-sama, saya serta para mahasiswa dan atau siswa saya saat itu, bisa menghafal dan paham lima sila Pancasila.

Dari beberapa pengalaman mengajar di mata kuliah dan mata pelajaran yang berisi bab tentang Pancasila, inilah kegiatan yang pernah saya lakukan dengan para mahasiswa dan atau siswa saya beberapa tahun yang lalu.

1. Main cepat tanggap

Permainan ini sebetulnya ringan sekali. Bahkan kesannya mirip permainan pesta ulang tahun anak-anak.

Waktu itu, saya putarkan sebuah musik, sementara ada sebuah benda yang diputar berjalan dari satu orang ke orang lain. Saat musik berhenti, orang yang sedang memegang benda tadi harus bisa menyebutkan sebuah sila Pancasila yang saya minta. Tentunya, ini harus dijawab dengan cepat dan tanggap.

2. Menulis lima sila Pancasila

Agak mirip dengan permainan yang tadi, kadar permainannya hanya mengetes seberapa hafal seseorang terhadap sila Pancasila.

Dengan menyediakan waktu beberapa menit yang terukur dengan pencatat waktu, saya meminta seluruh mahasiswa yang ada di kelas tersebut untuk menuliskan lima sila Pancasila.

Hasilnya seajaib permainan nomor pertama tadi. Rupanya ada juga yang tidak seratus persen hafal lima sila Pancasila, lho!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan