Mohon tunggu...
Ika LailatulRosidah
Ika LailatulRosidah Mohon Tunggu... Man Jadda wa jada

Mahasiswa IAIN Jember 2019

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Keterkaitan Antara Pendidikan dengan Masyarakat

20 Oktober 2020   10:47 Diperbarui: 20 Oktober 2020   10:54 38 2 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr wb

Saya akan mengshare materi tentang pendidikan dan masyarakat, di baca dengan seksama ya guyss...

Di era globalisasi saat ini, pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat. Pendidikan mempunyai hubungan yang sangat erat dengan transmisi pengetahuan, sikap, adab, kepercayaan diri, dan lain-lain. Pendidikan juga sangat penting untuk menunjang keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa karena semakin pendidikan bermutu dan di utamakan maka generasi penerus bangsa akan semakin bermutu dan baik pula.

Selanjutnya saya akan membahas tentang apa itu pendidikan dan masyarakat serta pengaruh-pengaruhnya ya guys..

Sering nggak sih kita mendengar suatu peptah atau yang sering orang-orang sebut dengan ibrah yakni "Didik dan persiapkanlah anak-anakmu, sesuai zamannya, karena mereka diciptakan untuk hidup pada masa yang berbeda dengan masamu" (Ali bin Abi Thalib )

Apa sih yang dinamakan pendidikan? Apa sih manfaatnya?

Pendidikan itu sangat lah penting di suatu kehidupan karena tanpa adanya pendidikan manusia akan sulit berkembang dan menghilangkan kebodohan yang ada pada diri masing-masing individu. Suatu Negara dapat dikatakan Negara yang maju tentunya tidak terlepas dari pesatnya dunia pendidikan di Negara tersebut. 

Maka dari itu, semakin tinggi kualitas pendidikan suatu negara, maka semakin tinggi pula kualitas SDM yang akan didapat. Tujuan pendidikan salah satunya terdapat di Pembukaan UDD 1945 yakni untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia dengan semaksimal mungkin.

Dengan adanya pendidikan, maka harus mampu mempersiapkan warga negara dapat berperan aktif dalam seluruh bagian di kehidupan, cerdas, aktif, bermoral tinggi, dan demokratis dengan cara dan mengimplementasikan dengan mengutamakan persatuan bangsa bukan menghancurkan bangsa sendiri dengan pendapat yang mau dicapainya.

Pendidikan merupakan proses pengubahan sikap dan perilaku individu atau sekelompok orang dengan tujuan untuk mendewasakan diri melalui suatu upaya pelatihan dan juga pengajaran. Yang di dalamnya terdapat suatu lembaga dan beberapa orang yang terlibat, terdapatnya tempat serta fasilitas, pendidik atau narasumber, peserta didik, dan juga materi atau ilmu yang di sampaikan atau di bagikan.

Selanjutnya saya akan menjabarkan sedikit tentang apa itu masyarakat ya, dan juga peran dan keterkaitan dengan pendidikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x