Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Orangtua sebagai Pendukung Aktivitas Belajar Anak

23 Oktober 2020   16:50 Diperbarui: 23 Oktober 2020   16:57 218 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Orangtua sebagai Pendukung Aktivitas Belajar Anak
Sumber: statecraft.co.in

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan pola pikir dan pendidikan anak. Sebagai wali tentu orang tua perlu memberikan bimbingan, dukungan, dan pendampingan pada proses belajar anak untuk membangun karakter anak dan dasar pemikiran anak. Terutama pada masa pandemi ini perlu adanya kelas online tambahan untuk mendapatkan pemahaman ekstra terutama karena pada masa pandemi ini sekolah-sekolah diliburkan sementara hingga batas waktu yang belum tentu dan sanak-anak tidak bisa mendapatkan pembelajaran secara langsung oleh pengajar mereka seperti ketika sekolah tatap muka. Dengan adanya kelas online ini diharapkan bisa memberikan pembelajaran lebih agar bisa mendapatkan pemahaman ekstra untuk anak.

Bukan hanya sebagai faktor pendukung, namun adanya orangtua yang mendampingi anak juga sebagai pembimbing yang mengarahka anak untuk memilih kelas online dengan kualitas yang baik. Kelas online memiliki banyak fasilitas seperti grup diskusi yang memungkinkan pelajar untuk melakukan proses belajar dengan tanya jawab untuk memecahkan masalah dengan diskusi pada grup whatsapp.

Selain itu dengan adanya bimbingan serta pendampingan oleh pengajar yang berpengalaman maka akan memberikan sensasi pengalaman belajar yang mudah dan menyenangkan bagi siswa. Belajar secara online juga memungkinkan siswa mengenal lebih banyak koneksi orangd ari kalangan edukatif.


Selain itu metode belajar online pada kelas online memang diperuntukkan untuk pembelajaran jarak jauh sehingga metodenya lebih efektif dan efisien jika dibandingkan dengan metode balajar dan kurikulum tatap muka yang dipaksakan dalam pembelajaran sekolah online. Meski anak memiliki kewajiban untuk melakukan pembelajaran secara mandiri namun bukan berarti orang tua lepas pengawasan karena orang tua juga memiliki peran penting dalam mendidik anak.

Sesungguhnya yang berkewajiban untuk memberikan pendidikan dasar pada anak adalah orang tua dan di bantu oleh pihak sekolah atau kelas online yang diambil dari lembaga kursus sebagai kelas tambahan. Sudah menjadi tanggung jawab orang tua untuk memberikan pendidikan terbaik bagi anak dengan bantuan orangtua untuk mengarahkan dan membimbing anak dalam pembelajaran. 

VIDEO PILIHAN