Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Pendidikan Digital untuk Anak Sekolah Dasar

20 Oktober 2020   11:03 Diperbarui: 20 Oktober 2020   11:15 192 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Pendidikan Digital untuk Anak Sekolah Dasar
detik.com

Jumlah kasus virus corona masih terus bertambah dan membuat banyak sekolah masih di liburkan sepanjang tahun 2020 ini. Sejak awal tahun ini memang sudah banyak kasus yang bermunculan hingga akhirnya tak terbendung dan membeludak. Telah banyak korban meninggal akibat virus ini yang membuat banyak orang menjadi harus lebih waspada. 

Di Indonesia sendiri jumlah kasusnya termasuk sangat banyak hingga membuat sebanyak 59 negara menyatakan me-lockdown indonesia, akses yang menghubungkan beberapa negara terpaksa di putus sementara hingga kondisi Indonesia kembali stabil dan steril dari virus corona. Bukan hanya di bidang kesehatan saja, namun hal ini berdampak pada perkembangan ekonomi, bisnis, hingga pendidikan.

Dibandingkan palajar tingkat menengah atau tingkat akhir, pelajar tingkat sekolah dasar masih terlalu dini untuk menjalani pendidikan digital. Menanamkan ilmu dasar kepada anak-anak tentu saja lebih efektif dan efisien jika dilakukan secara tatap muka. Daya penalaran anak dalam memahami suatu persoalan yang ada dalam pembelajaran masih jauh di bawah anak remaja. 

Masih diperlukan bimbingan lebih sehingga anak mampu memahami apa yang telah disampaikan. Selain itu anak sekolah dasar masih cukup jarang yang memiliki smartphone. Sebagian besar orang tua belum mengijinkan anak usia sekolah dasar untuk bermain ponsel pintar, maka banyak pula yang belum faham pengoperasiannya, terutama anak-anak di desa.


Sebagai media pembelajaran anak-anak, pendidikan digital memiliki peran yang sangat penting untuk anak sekolah dasar. Oleh sebab itu diperlukan dukungan orang tua untuk memberikan pendampingan dalam pembelajaran agar dapat membantu anak dalam mengenyam pendidikan terutama di masa pandemi ini. 

Pendidikan bukan hanya sebagai syarat wajib untuk mendapatkan tiket masa depan, namun juga sebagai pondasi anak dalam befikir dan bertindak. Pola pikir anak akan dibentuk melalui pembelajaran dasar ini. Pentingnya peran orang tua dalam memberikan pendampingan anak sangat berpengaruh pada perkembangan pembelajaran yang di lalui oleh anak.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x