Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Peran Orangtua sebagai Pendamping Belajar Online dari Rumah

2 Oktober 2020   10:13 Diperbarui: 2 Oktober 2020   10:23 230 0 0 Mohon Tunggu...

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran online para siswa. Bukan hanya sebagai pendamping namun juga sebagai penyemangat anak agar dapat mengikuti proses pembelajaran online dengan semangat.

Adanya pendampinga  orang tua saat melakukan pembelajaran di rumah sangat diperlukan  agar anak dapat mempelajari materi dengan seksama. Pendampingan orang tua memiliki pengaruh yang sangat signifikan pada kondisi pikologis anak. 

Dengan melakukan pembimbingan dan pendampingan pada anak didik yang melakukan proses belajar jarak jauh, maka orang tua telah turut berpartisipasi dalam proses tumbuh kembang anak di dunia pendidikan.

Seperti yang telah di ketahui bahwa saat ini pemerintah telah melakukan penutupan sementara pada instansi pendidikan baik formal maupun nonformal lantaran adanya wabah virus corona yang merajarela. 

Hingga saat ini pemerintah masih menghimbau kepada masyarakat untuk tetap di rumah dan meminimalisir kegiatan di luar rumah demi mencegah penyebaran virus corona. 

Untuk menanggulangi dampak pandemi ini terhadap proses pendidikan Indonesia, maka kelas online menjadi solusi terbaik saat ini yang bisa diambil. Namun sayangnya tidak semua siswa dapat beradaptasi dengan perubahan metode pembelajaran yang berubah dari sekolah tatap muka ke sekolah jarak jauh.


Meski demikian bukan tidak mungkin bagi peserta didik untuk mengikuti proses pembelajaran dan mengejar materi. Tingkat pemahaman dan kemampuan setiap anak untuk meresapi materi memang  berbeda-beda namun dukungan dari orang tua dapat menjadi motivasi tersendiri bagi anak. Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam pendidikan digital anak. 

Umumnya untuk mendukung pembelajaran anak dan meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap pemahaman materi. Sudahkah kita sebagai orang tua membantu dan mendukung proses belajar anak secara online menghadapi masa pandemi ini.?

VIDEO PILIHAN