Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Edukasi di Indonesia Menjelang Era New Normal

7 Agustus 2020   08:40 Diperbarui: 7 Agustus 2020   08:27 78 2 1 Mohon Tunggu...

Indonesia telah menerima dampak dari pandemi virus corona dalam berbagai bidang. Beberapa hal yang terpengaruh pasca pandemi antara lain dari segi kesehatan, ekonomi, industri, pendidikan, sosial, dan masih banyak lagi lainnya. Selain karena perlu adanya tindakan tepat dalam mencegah penyebaran virus, pemerintah juga mengambil langkah yang paling efektif dalam memberikan solusi terkait perubahan yang diperlukan dalam berbagai bidang seiring dengan mengatasi masalah pandemi. Dari segi pendidikan, pemerintah Indonesia telah memutuskan untuk meliburkan sementara para siswa-siswinya dan menggantikan pembelajaran yang ada dengan pembelajaran online dengan berbagai metode belajar online yang di buat pemerintah dalam rangka menanggulangi dampak pandemi virus corona ini.

Adapun berbagai instansi pendidikan lainnya selain sekolah umum milik pemerintah juga dihimbau untuk libur sementara waktu hingga pandemi berakhir. Hingga saat ini banyak instansi yang belum memulai aktifitas belajar mengajarnya karena himbauan dari pemerintah. Lalu bagaimana dengan perkembangan pendidikan di Indonesia sementara semua instansi pendidikan dan yang terlibat didalamnya terpaksa diliburkan demi mencegah penyebaran virus corona? Selama ini pihak instansi pendidikan kebanyakan mengganti proses belajar mengajar di kelas dengan pembelajaran online dengan menggunakan berbagai media. Hal ini dianggap sebagai solusi terbaik dalam menyikapi pandemi virus corona yang semakin hari semakin bertambah jumlah kasus dan jumlah korbannya..


Saat ini Indonesia telah memasuki era new normal dimana banyak instansi swasta mulai bergerak dan mempersiapkan pembelajaran di kelas seraya menunggu keputusan pemerintah. Pandemi selama setengah tahun terakhir ini memang sudah banyak menelan kerugian bagi banyak orang. Sementara itu roda ekonomi di Indonesia harus terus bergerak agar stabilitas ekonimi negara terjaga. Edukasi online memang banyak ditemukan menjelang pandemi virus corona, namun di era new normal ini akan ada banyak instansi yang mulai kembali beroperasi. Meski demikian persiapan dimulainya pembelajaran peru di lakukan sebelumnya demi menciptakan lingkungan yang aman dari virus. Protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan selama operasi pembelajaran.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x