Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Lebaran di Tengah Pandemi, Apa yang Bisa Dilakukan?

26 Mei 2020   00:15 Diperbarui: 26 Mei 2020   00:15 41 2 1 Mohon Tunggu...

Saat ini para umat islam tengah merayakan hari kemenangan islam yakni hari raya idul fitri 1441 Hijriyah. Namun hari raya kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan pandemi covid-19 yang tak kunjung mereda. 

Banyaknya kasus yang memakan korban jiwa di Indonesia dan seluruh dunia membuat tenaga medis kewalahan. Para tenaga medis tengah berjuang di garis terdepan untuk melawan virus corona, begitupun di Indonesia. 

Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi wabah ini. Mulai dari meliburkan berbagai instansi sekolah formal maupun nonformal di Indonesia, larangan mudik lebaran, hingga himbauan protokol kesehatan covid-19.

Semua usaha tersebut merupakan cara terbaik untuk mengupayakan menghentikan penyebaran covid-19 di Indonesia yang kita ketahui saat ini tengah dalam masa krisis karena jumlah kasus kembali meningkat setelah sempat turun beberapa waktu yang lalu.

Akibatnya lebaran tahun ini banyak orang terpaksa untuk tetap di rumah saja tanpa bisa melakukan mudik lebaran maupun melakukan halal bialal akibat wabah yang mematikan itu.

Lantas apakah yang bisa dilakukan di rumah selama masa lebaran dalam situasi pandemi covid-19 ini? beberapa hal yang dapat dilakukan antara lain adalah silaturahmi online, mendekorasi rumah, hingga mengambil kelas online untuk menambah wawasan.


Banyak sekali kelas online yang bisa diikuti di internet, baik berbayar maupun tidak. Banyak juga berbagai artikel materi pembelajaran yang bisa ditemukan secara gratis di penelusuran google dengan portal belaar yang terpercaya. Memanfaatkan waktu dengan baik di tengah pandemi akan memberikan banyak hal positif pada kita.

Banyak hal lain yang bisa dilakukan, kegiatan positif harus selalu dilakukan. Karena lockdown tak selalu tentang rebahan di rumah namun juga bisa diubah dengan berbagai kegiatan positif lainnya yang bermanfaat  dan jauh lebih menghasilkan. Jadi lebaran kali ini kegiatan positif apa yang kamu lakuan?

VIDEO PILIHAN