Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Terus Belajar di Tengah Pandemi

14 Mei 2020   20:24 Diperbarui: 14 Mei 2020   20:24 54 1 0 Mohon Tunggu...

Seluruh dunia masih terus berusaha melawan virus corona yang telah memakan banyak korban. Berbagai negara memberlakukan lockdown pada negara masing-masing dan sebagian lainnya membatasi aktivitas di luar rumah. Di Indonesia sendiri sudah terdapat 16.006 kasus dengan jumlah kesembuhan sebanyak 3.518 dan sejumlah 1.043 orang meninggal dunia karena wabah ini. 

Hal ini membuat banyak orang terpaksa menghentikan sementara kegiatan di luar rumah. Pemerintah Indonesia telah memberikan himbauan untuk tetap di rumah saja, sekolah-sekolah formal dan non formal di liburkan sementara hingga wabah ini reda. Akibatnya banyak pelajar yang terpaksa belajar secara mandiri di rumah masing-masing selama masa pandemi.

Sayangnya tidak semua pelajar bisa belajar secara mandiri di rumah, hal ini karena diperlukan bimbingan dukungan untuk memahami materi pelajaran. Solusi untuk masalah ini adalah dengan kesadaran prang tua untuk membimbing dan mendampingi anak-anak mereka. Selama ini pengajar adalah guru mereka di sekolah, akan tetapi di tengah-tengah pandemi ini peran orang tua sangat penting untuk pendidikan anak-anak mereka. 

Para orang tua akan diharuskan menjalankan peran guru agar dapat mendampingi anak-anaknya belajar di rumah masing-masing. Selama pandemi covid-19 masih berlangsung, orang tua adalah orang yang paling memungkinkan untuk selalu di samping anak-anak mereka sehingga orang tua memiliki peluang paling besar dalam membimbing anak mereka untuk belajar.


Lalu bagaimana jika orang tua terpaksa masih bekerja di luar rumah? Solusi untuk masalah ini adalah dengan mengarahkan pada kelas online. Kelas online dapat membantu anak dalam memahami materi dengan bantuan tutor atau pengajar yang sudah profesional. Selain itu kelas online juga bisa memberikan lebih banyak koneks dan relasi pendidikan. Umumnya kelas online di ikuti oleh banyak orang dari daerah yang berbeda-beda sehingga jaringan relasi akan meluas. Namun meski mengikuti kelas online, sebagai orag tua maka wajib untuk mendampingi sang anak dalam belajar untuk menambahkan semangat belajar anak dalam memahami materi yang telah diajarkan

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x