Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... Freelancer - IT student in Darul Ulum University, Jombang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Peran Orang Tua di Tengah Pandemi Covid-19

12 Mei 2020   19:46 Diperbarui: 12 Mei 2020   19:46 905 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Pandemi virus corona masih berlangsung, banyak orang terpaksa berdiam di rumah masing-masing demi memutus rantai penyebaran covid-19. Sebagai upaya untuk mengatasi wabah ini, pemerinttah telah memberikan himbauan untuk tetap dirumah saja. 

Pemerintah juga terpaksa melibrkan sementara sekolah sekolah di Indonesia, baik itu sekolah formal  maupun sekolah non-formal. Akibatnya banyak anak-anak, siswa, dan mahasiswa terpaksa menjalani study di rumah masing-masing. Lalu bagaimanakah peran orang tua di tengah pandemi covid-19 ini?

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam hal ini baik secara phisic maupun psikologis. Anak yang tak bisa bermain dan belajar diluar rumah terpaksa menjalani hari-hari di rumah cenderung mengalami penurunan semangat. Perlu diketahui bahwa dukungan mental sangat diperlukan untuk anak-anak dalam menghadapi pandemi ini. 

Banyak dari mereka akan merasa sedih karena tak bisa bertemu dengan teman-teman mereka. Sebagian lagi mungkin akan sedih karena merindukan suasana sekolah. Yang orang tua perlu lakukan adalam memberikan dukungan kepada mereka. Dukungan bisa dengan cara memebrikan waktu berharga bersama keluarga, ini akan sangat membantu anak agar terbebas dari rasa kesepian.


Berikutnya untuk mengatasi edukasi yang tertinggal akibat pandemi covid-19, orang tua bisa merekomendasikan kelas belajar online kepada anak. Tentu saja tetap dengan pengawasan dan pendampingan orang tua. Ini akan memeberikan semangat tersendiri bagi anak untuk belajar di rumah bersama orang tua. 

Banyak jenis kelas online yang bisa diikuti, bahkan bukan hanya pelajaran formal saja namun kelas online juga bisa mengasah bakat non formal anak. Memberikan pembelajaran untuk melaih kreatifitas anak juga bisa menjadi solusi untuk mengisi waktu luang anak agar anak tidak merasa bosan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan