Mohon tunggu...
Ika Kumala Dewi
Ika Kumala Dewi Mohon Tunggu... IT student in Darul Ulum University, Jombang

1 th Writter & Website Administrator at Okebis.com. || 2 th Manager Marketing at Al Azhar Arabic and English Academy. || 3 th Freelancer Website Developer, IT Education, & System Analyst at Himma Edukasi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Keunggulan Kampung Arab Pare

30 Januari 2020   16:56 Diperbarui: 30 Januari 2020   16:58 39 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
5 Keunggulan Kampung Arab Pare
Dok. pribadi

5 Keunggulan Kampung Arab Pare

Bahasa Arab telah menjadi bahasa kedua dunia yang banyak digunakan. Selain itu bahasa Arab juga merupakan bahasa utama umat islam, maka tak heran jika bahasa Arab sangat banyak diminati. Kampung Arab Pare merupakan kawasan edukasi bahasa Arab yang terletak di tengah-tengah kerumunan Kampung Inggris Pare. Lebih tepatnya, Kampung Arab Pare berpusat di Jalan Cempaka Kota Pare. Ya.. bukan hanya kampung inggris, kota Pare juga memiliki kampung Arab yang dicetuskan oleh Al Azhar Arabic Course. Lantas apa saja keunggulan kampung Arab Pare? Berikut ini adalah rangkuman 5 keunggulan kampung Arab Pare.

  • Lingkungan yang asri dan religius

Kampung Arab terletak di kawasan kota Pare yang terkenal asri dengan banyak sawah hijau membentang. Suasana asri sangat mendukung proses pembelajaran dan membantu peserta kursus agar bisa lebih berkontentrasi. Selain itu kampung Arab dikenal dengan lingkungannya yang religius dengan berbagai kegiatan islamis yang rutin dilakukan setiap minggu seperti khitobah dan muqobalah. Tak hanya itu, sistem arabic area juga sangat membantu peserta kursus untuk dapat meningkatkan kemampuan berbahasa arab mereka secara bertahap.

  • Banyak pilihan program dari level dasar hingga mahir

Pilihan program kursus yang ada di Kampung Arab sangat bervariasi. Mulai dari program level paling dasar, lever menengah, hingga level mahir. Beberapa program kursus yang ada di kampung arab diantaranya adalah program Al Miftah 1 dan Al Miftah 2 sebagai program pembelajaran nahwu shorof. Lalu juga ada program Tamyiz 1-2  dan Tamyiz 3-4 yang merupakan program belajar terjemah al quran dan pemahaman nahwu shorof dengan metode lagu. Sementara untuk lancar ngomong arab ada Program Fulltime 1 untuk kelas dasar, Fulltime 2 untuk kelas menengah, dan Fulltime 3 untuk kelas mahir. Bagi peserta kursus yang ingin mahir baca kitab kuning bisa mengambil program manhaji. Ada juga program Timur Tengah yang menawarkan kelas persiapan study di Timur Tengah dengan target lulus ujian masuk Universitas Timur Tengah. Serta program unggulan kampung arab yaitu program Arabic Tahfidz yang memungkinkan peserta kursus untuk mempelajari bahasa arab sambil menghafal al quran.

  • Kebersamaan dengan asas kekeluargaan

Tahukah kamu? Kampung arab tak hanya menawarkan program kursus bimbingan bahasa arab. Namun tempat ini juga menawarkan kebersamaan antara para sesama peserta kursus maupun antara peserta kursus dan pengajar yang terjalin dengan asas kekeluargaan. Intensitas pertemuan dan program kelas yang padat membuat hubungan kekeluargaan terjalin di lingkungan kampung arab sehingga membuat peserta kursus merasa nyaman dan betah berlama-lama di kota Pare untuk belajar atau sekedar mengisi liburan dengan kursus singkat di kampung arab Pare.

Dok. pribadi
Dok. pribadi
  • Pelajar Internasional

Bukan hanya warga lokal, kampung arab telah melaju ke ranah internasional dan sudah banyak menerima peserta kursus dari luar negeri terutama Malaysia dan Thailand yang selalu hadir silih berganti setiap bulannya untuk belajar bahasa Arab di kampung arab Pare. Tentu saja ini menjadi peluang bagi peserta kursus untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman dengan pelajar internasional yang ada di kampung arab. Ini akan membantu para peserta kursus untuk memperluas koneksi mereka dengan lebih banyak orang dengan berbagai karakter yang berasal dari daerah yang berbeda-beda.

  • Pengajar profesional dengan metode ajar yang seru

Pembelajaran bahasa arab di kampung arab bisa di bilag sangat kondusif dan mudah dipahami. Hal ini karena kampung arab memiliki banyak pengajar bahasa arab yang profesional dan merupakan lulusan deretan perguruan tinggi terbaik di Indonesia serta perguruan tinggi Timur Tengah. Tak hanya pengajar lokal saja, pengajar bahasa arab native speaker juga ada disini. Tentu belajar dengan dibimbing langsung oleh orang arab asli yang merupakan native speaker bahasa Arab di Timur Tengah akan semakin menambah wawasan dan mengasah kemampuan bahasa arab peserta kursus dengan mempertimbangkan budaya dan kebiasaan warga Timur Tengah dalam berbahasa Arab. Selain itu metode belajar di Kampung Arab sangat seru dan mudah dipahami, sehingga sangat direkomendasikan.


Demikianlah 5 keunggulan kampung arab Pare yang menjadi alasan kenapa orang-orang memilih Kampung Arab sebagai tujuan utama dalam belajar bahasa Arab.. Dari kelima keunggulan Kampung Arab diatas, masih banyak lagi keunggulan lainnya yang tak dapat di sebutkan satu per satu.

VIDEO PILIHAN