Mohon tunggu...
Ika Nur Chalimah
Ika Nur Chalimah Mohon Tunggu... -

Mahasiswi yang masih perlu banyak belajar

Selanjutnya

Tutup

Money

Pengalaman Penelitian Sederhana

19 November 2017   00:51 Diperbarui: 19 November 2017   01:04 918
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Halo sobat kompasiana...

Kali ini saya akan bercerita sedikit pengalaman  saya melakukan  penellitian mengenai pengaruh literasi keuangan syariah terhadap penggunaan produk perbankan syariah di kalangan mahasiswa khususnya mahasiswa/i FEBI Prodi D3 Perbankan Syariah UINSU..

Menurut saya ini merupakan penelitian yang emang bener-bener penelitian karena biasanya kami melakukan penelitian yang asal siap doanghehe maklum masih dalam proses pembelajaran J. Dan ini saya dan teman-teman saya lakukan untuk memenuhi tugas matakuliah ekonometrika yang selama ini saya juga berikan sedikit materinya di kompasiana ini.. monggodibaca yaa

Nah, responden yang saya pilih merupakan 10 mahasiswa/i kelas perbankan syariah semester 5 yang dimana kelas tersebut banyak teman-teman yang saya kenal disana, jadi gampang deh untuk menyebarkan kuesionernya.

Alhamdulillah-nya jurusan mereka nyambung banget dengan judul penelitian saya mengenai produk perbankan syariah akhirnya mereka bisa dengan mudah menjawab kesionernya, dan kenapa Alhamdulillah? Karena setelah saya teliti banyak mahasiswa/i yang ngakunya nih mahasiswa/i Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI)  tapi dari berbagai jurusan disana banyak juga dari mereka yang masih kurang wawasan mengenai keuangan syariah ataupun perbankan syariah, sangat disayangkan sekali yaa. mungkin mereka salah memilih jurusan atau malah mereka mahasiswa gaib yang datang ketika mid atau Uas doang ataupun ada alasan lain-,-

Penelitian ini ada 2 variabel yaitu, variabel x dan y. Variabel x merupakan literasi keuangan syariah sedangkan variabel y adalah penggunaan jasa keuangan syariah. Disini variabel x merupakan variabel bebas atau independent sedangkan y merupakan variabel teriakat atau dependent. Untuk pengolahan data saya mamakai metode regresi linier sederhana dan menggunakan software eviews untuk mengolah data.

Dari 10 reponden terdiri dari 2 reponden berjenis kelamin laki-laki dan 8 responden berjenis kelamin perempuan. Dan dari sini saya memperoleh data yaang menyatakan bahwa ke-dua responden berjenis kelamin laki-laki ini paham akan literasi keuangan syariah dan mereka juga mengunakan produk perbankan syariah. 

Sedangkan respoden yang didominasi oleh para perempuan mereka paham juga akan keuangan syariah tetapi hanya ssatu darimereka yang menggunakan produk jasa perbankan syariah, mereka masih bertahan menggunakan produk perbankan konvensional untuk melakukan transaksi terutama untuk transaksi biaya hidup anak kost hehe.

 Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepada sobat setia pembaca tulisan saya yang gak seberapa ini haha.. sampai jumpa di next postingan ane yaa

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun